Bupati Bantul Harapkan Kalurahan Implementasikan Pengelolaan Sampah Berbasis Zerowaste

Pemerintah Kabupaten Bantul mengapresiasi implementasi pengelolaan sampah berbasis Zero Waste bersama Bupati Bantul di TPS 3 3R Salakan Bersemi, Dusun Salakan Potorono Banguntapan Bantul pada hari ini (27/06). 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, S.T. M.Sc., dalam laporannya mengatakan dalam rangka mendukng program Bupati Bantul bersih bantulku sejahtera hidupku, maka diadakan implementasi pengelolaan sampah berbasis Zero Waste.
“ Implementasi pengelolaan sampah zerowaste di TPS 3R Salakan Bersemi ini didampingi oleh Bantul Go Green, pengelolaan dari hulu hilir, sampah dipilah menjadi 45 jenis, kemudian sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, harapan kedepan TPS 3R ini bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lain di Kabupaten Bantul,” tutur Ari.
Selanjutnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan saat ini memang memerlukan inovasi dalam penanganan sampah agar tidak menimbulkan dampak-dampak negatif bagi kehidupan masyarakat.
“ Saya mendukung penuh pembangunan unit percontohan penerapan zero waste di dusun Salakan Potorono Banguntapan ini. Saya berharap percontohan ini dapat dikelola dengan baik, dan dapat menjadi pembelajaran untuk diterapkan di lokasi lain di Kabupaten Bantul. Sehingga target penanganan dan pengurangan sampah bisa tercapai, " kata Halim. 
Bupati Bantul juga mengajak seluruh masyarakat untuk meneguhkan komitmen dan berkolaborasi serta bekerja keras untuk Kabupaten Bantul untuk mewujudkan program Bersih Bantulku, Sejahtera Hidupku.
Dalam acara ini Bupati Bantul yang melihat langsung proses pemilahan sampah, pengolahan sampah, dan hasil karya olahan sampah, serta mengapresiasi pengelolaan sampah zero waste ini.
 

Berbagi:

Pos Terbaru :