MPLS Tahun Ajaran 2021 -2022 Dibuka Oleh Bupati Bantul

Berdasarkan Permendikbud  No 18 tahun 16 tentang MPLS, Perbub No 33 tahun 2021 tentang PPDB dan Keputusan Kepala Dinas Dikpora tentang penetapan kalender pendidikan bahwa awal tahun pelajaran tahun 2021/2022 dimulai serentak pada hari ini, Senin, 12 Juli 2021.

Kegiatan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) resmi dibuka oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, secara daring melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube Bantul TV di Gedung Induk Kompleks Parasamya Kabupaten Bantul. 

Pada kegiatan MPLS tahun ini, mengedepankan agenda antara lain penguatan pendidikan karakter, pembinaan mental keagamaan, wawasan wiyata mandala, kesadaran berbangsa dan bernegara, belajar efektif dan lainnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M. Pd., M.MPar., memaparkan bahwa kegiatan selama hari pertama MPLS bertujuan untuk mengenali potensi diri peserta didik, membentuk peserta didik dalam beradaptasi dengan sekolah, menumbuhkan motivasi dalam belajar, juga mengembangkan interaksi positif antar warga sekolah.

“Kegiatan selama hari pertama adalah MPLS. Dengan tujuan mengenali potensi diri peserta didik, membentuk peserta didik dalam beradaptasi dengan sekolah, menumbuhkan motivasi dalam belajar, juga mengembangkan interaksi positif antar warga sekolah,” jelasnya. 

Adapun jumlah peserta didik dari seluruh jenjang sekolah pendidikan se-Kabupaten Bantul pada awal tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 155.510 siswa, yang terdiri dari PAUD/TK/KB/RA/TPA, SD dan SMP/MTs. 

Dinas DIkpora juga mengharapkan kegiatan pendidikan di Bantul di masa pandemi Covid-19 dapat berjalan sesuai dengan prinsip utama, yaitu keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik dan orang tua. Hingga pada akhirnya dapat memperpanjang dan meningkatkan prestasi lebih baik lagi. 

Sementara itu wakil bupati Bantul, Joko B. Purnomo, sekaligus Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul mengucapkan selamat kepada peserta didik dan memohon kepada wali murid untuk menjaga lingkungan dan selalu menegakkan protokol kesehatan serta menghindari hal-hal yang menjadi penyebab Covid-19.

“Saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang hari ini ini awal masuk sekolah sembari melalui daring, dan saya meminta kepada wali murid untuk menjaga lingkungan kita masing2 untuk selalu menegakkan protokol kesehatan dan menghindari hal2 yang menjadi penyebab Covid-19,” ucapnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melalui pidatonya berpesan kepada para peserta didik untuk meninggikan dan melambungkan cita-citanya dan senantiasa bekerja keras serta metaati orang tua, mematuhi guru dan berdoa. 

Beliau juga mengajak para orang tua wali murid dan tenaga kependidikan, untuk saling membantu menambah motivasi belajar dari rumah. 

“Untuk para siswa tinggikan, lambungkan cita-cita dan kerja keraslah, taati orang tua dan patuhi guru. Berdoa dengan kesungguhan dan upaya untuk meraih cita-cita. Untuk ayah dan ibu, mari bahu membahu menambah motivasi untuk mendampingi belajar dari rumah,” terangnya. 

Pemerintah Kabupaten Bantul mengajak para peserta yang mengikuti kegiatan MPLS untuk menumbuhkan lingkungan sekolah yang aman dan sehat dan memperbarui tekad untuk saling menjaga sesama warga sekolah dan menolak tegas segala jenis bentuk kekerasan di sekolah.

Berbagi:

Pos Terbaru :