Kelomtan Sasono Catur Kanten Imogiri Panen Perdana Minapadi

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ibu Emi Abdul Halim Muslih hari ini menghadiri acara panen raya Program Minapadi dengan padi varietas INPARI Sidenuk dan Ikan Nila di Kelompok Tani Sasono Catur, Kanten, Kebonagung, Imogiri. Kamis (16/9/2021).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Bapak Gandung Pardiman dan perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI Bapak Dr. Hardi Julendra, Spt. Msc. Menurut perwakilan dari BRIN RI mengatakan bahwa Padi Sidenuk merupakan salah satu hasil riset dari Batan yaitu sistem dedikasinya nuklir (Sidenuk), dengan varietas ini per hektar dapat menghasilkan padi sekitar 10 ton. " Sistem Minapadi ini dapat meningkatkan produktifitas padi serta mampu mendorong peningkatan pendapatan masyarakat yang ada di Kabupaten Bantul serta mengurangi penggunaan pestisida bagi tanaman, " kata Hardi Julendra.

Sementara itu Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, sektor pertanian di Bantul masuk dalam sektor unggulan dan strategis, dan telah berkontribusi dalam peningkatan Produk Domestik Regional Bruto Bantul yang masuk di rangking kedua. “ Dari sisi pemasaran atau marketing inilah yang sampai saat ini masih menghadapi tantangan, salah satunya harga yang fluktuatif, sampai saat ini kita pemerintah bersama DPR dan penggiat pertanian terus berupaya bagaimana caranya agar permasalahan harga ini dapat ditangani. Harga terlalu tinggi kasihan rakyat terlalu rendah kasihan petani, ” kata Bupati.



Bupati Bantul berpesan kepada para petani di Kalurahan Kebonagung agar dapat mempertahankan citra pertanian organik atau semi organik serta dapat terus menjaga dan merawatnya, jangan sampai ada alih fungsi yang tidak perlu.

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI Gandung Pardiman menyampaikan akan terus berupaya dan mendorong sektor pertanian di Kabupaten Bantul, sektor pertanian harus mengalami kenaikan dengan berbagai macam inovasi yang dilakukan oleh BRIN sehingga para petani diharapkan dapat naik level.

Sementara Ketua Kelomtan Sasono Catur Wagiyana mengatakan, Sistem Minapadi ini dilaksanakan pertama kalinya di areal persawahan ini dengan menebar benih Ikan Nila dengan luas lahan 5 hektare. " Sistem Minapadi ini sangat membantu pendapatan kaum petani di kala harga gabah turun, dan mengurangi penggunaan pupuk, " ujar Wagiyana.

Berbagi:

Pos Terbaru :