e-Pemilos, Wujud Demokrasi di Masa Pandemi

Bupati Bantul hari ini melaunching E-Pemilos Tingkat SMP dan MTs se-Kabupaten Bantul secara virtual di Gedung Induk, Komplek Parasamya. Rabu (13/10/2021).

Dalam laporannya, Didik Joko Nugroho selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul mengatakan jika Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) adalah bagian dari metode Pendidikan memilih yang dilaksananakan oleh KPU Kabupaten Bantul secara konsisten dan telah dimulai sejak tahun 2011 untuk jenjang pendidikan Menengah dan untuk jenjang pendidikan Pertama dimulai sejak tahun 2017. 

Selain itu, kegiatan Pemilos  juga merupakan bagian dari peningkatan dan penguatan nilai-nilai demokrasi terutama bagi siswa siswi di tingkat SMP dan MTs.

“ Pada tahun ini kita melaksanakan Pemilos ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaksanaan Pemilos dilakukan secara online. E-Pemilos Tingkat SMP dan MTs se-Kabupaten Bantul akan diikuti sekitar 90 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat 37.443 siswa, "  jelas Ketua KPU.

Sementara, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan E-Pemilos terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, siswa juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional di dalam melakukan dan menentukan pilihan Calon Ketua OSIS.

“ Sehingga kita harapkan dari E-Pemilos ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat membawa kemajuan sekolah serta untuk masa depan Bantul yang lebih baik, " harap Bupati Bantul.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara KPU dengan beberapa instansi di Pemkab Bantul seperti BKAD, Dinas Dikpora, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Kesbangpol, Dinas Dukcapil dan Dinas Kominfo.

Berbagi:

Pos Terbaru :