Tampilkan Peyek Raksasa, Stand Terjual Habis Pendaftaran Bantul Ekspo Ditutup

Bantul Ekspo 2009 yang akan berlangsung mulai 1-11 Agustus 2009 mendatang ternyata banyak diminati peserta. Dari 246 kapling yang tersedia , hingga Selasa ( 7/7) sebanyak 240 kapling sudah terjual. Sedangkan sisa yang hanya 6 kapling itupun sudah dipesan oleh beberapa Instansi dan swasta. Sehingga akhirnya panitia memutuskan untuk menutup pendaftaran Bantul Ekspo 2009 lebih awal, dari yang direncanakan hingga 25 Juli 2009.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Bantul Ekspo 2009 sekaligus Kabag Humas Pemkab Bantul , Drs.Bambang Legowo,M.Si di ruang kerjanya, Selasa (7/7). Untuk itu panitia sudah tidak akan menerima lagi para pendaftar yang mungkin masih banyak akan datang. Masyarakat diharapkan bisa maklum mengingat space ( lahan) di Pasar Seni Gabusan memang sangat terbatas, menyusul beberapa perubahan PSG setahun ini, ujar Bambang.

Dijelaskannya bahwa untuk tahun lalu memang PSG bisa menampung lebih banyak peserta, namun mengingat ada beberapa perubahan di sana sini sehingga ruang kosongnya terkurangi. Sehingga lahan untuk Bantul Ekspo 2009 otomatis juga menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Panitia selama ini sudah berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan ruang yang ada untuk penempatan stand BE 2009. Saat ini sudah terdaftar Dinas Instansi 49, Desa/Kecamatan 92, Pendidikan/LSM 13, Swasta Umum 79, otomotif 13, Non Tenda 13, dan sponsor 6.

Sementara itu mengenai maskot BE 2009, Bambang Legowo mengatakan bahwa Peyek Tumpuk Raksasa asal Palbapang Bantul akan dipilih sebagai maskot. Pemilihan ini sejalan dengan semangat BE 2009 yang lebih mengkedepankan wisata kuliner dan budaya. BE akan menampilkan lebih banyak kuliner karena ternyata wisata kuliner selalu diminati oleh pengunjung wisata, sehingga nantinya dengan BE ini kuliner di Bantul juga akan semakin terangkat hingga tingkat nasional, ujarnya.

Dalam upaya menggali potensi kuliner Bantul, panitia Bantul Ekspo akan melaksanakan lomba masak ikan baik tawar ataupun laut. Lomba ini akan diikuti oleh sejumlah 17 kecamatan yang ada di Bantul. Masing-masing peserta akan menampilkan kreasi masakan ikan yang terbaik, dan akan dinilai oleh para juri yang kompeten dan profesional.

Untuk kesenian, dalam Bantul Ekspo kali ini sebagaimana halnya tahun lalu akan menampilkan Lomba Band se-DIY, penampilan kesenian dari sanggar-sanggar kesenian serta dari 17 Kecamatan di Bantul baik tradisional hingga modern. Selain itu Bantul Ekspo juga akan dimeriahkan penampilan artis nasional. Kami berharap Bantul Ekspo tahun ini lebih meriah dan semakin meningkat kualitasnya baik pengunjung, peserta maupun penataan pesertanya sehingga masyarakat bisa puas jika berkunjung ke Bantul Ekspo, kata Bambang Legowo. (nurcholis)

Berbagi:

Pos Terbaru :