Merti Dusun Ngentak, Bangunjiwo, Kasihan

Merti dusun Ngentak merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat hasil bumi yang sangat melimpah. Serta untuk melestarikan budaya Jawa yang telah luntur di kalangan masyarakat Jawa sendiri.

Kegiatan ini diawali dengan pemilihan pengurus KRING Dusun Ngentak, Bangunjiwo, Kasihan Bantul yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 juli 2009 yang lalu. Disamping itu untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan diadakan pengajian menyambut Isra Miraj di Masjid Al Yaqin Ngentak yang telah berlangsung pada tanggal 11 juli 2009 dengan pembicara Bapak Masruri, S.Ag. dan mengambil tema Tumaninah dalam Shalat.

Acara yang dibuka oleh Lurah Bangunjiwo Bapak Bibit Rustamto, dalam sambutannya berpesan agar masyarakat bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta lebih rukun dalam bermasyarakat, menjaga ketentraman, kenyamanan, keamanan dan saling menghormati. Dalam acara ini juga disuguhkan beberapa kreativitas dari warga diantaranya pentas drama berjudul Prahu Nabi Nuh yang dipentaskan oleh santriwan santriwati TPA Masjid Al Yaqin, Hadroh dari kelompok pengajian ibu-ibu Dungkap Yuswo Tinar Buko serta sholawatan dari rekan-rekan muda dusun Ngentak, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Selain itu, kegiatan merti dusun Ngentak juga mengadakan Pentas Musik Campursari Pemuda-pemudi Sekar Surya Ngentak Bangunjiwo pimpinan Bapak Paiman yang telah dipentaskan pada tanggal 17 Juli 2009. Adapun kegiatan yang lain diantaranya pentas Ketoprak Pemuda-pemudi Ngentak, Bangunjiwo Kidang Alit Surya Kencana.

Serta acara puncak yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 19 Juli 2009 ditandai dengan kegiatan tahlil bersama di rumah Bapak Bibit Rustamto Lurah Bangunjiwo, yang dipimpin oleh mbah Trimo Wiyono, dan dilanjutkan dengan kembul bujana serta karnaval dan arak-arakan gunungan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Bapak KGPAA Pakualam IX dan dilanjutkan pada siang harinya ada pertunjukan jathilan Turonggo Seto bertempat di RT 04 Ngentak serta pada malam harinya pertunjukan wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon Babat Alas Wonomarto bertempat di Tugu Lilin Ngentak Bangunjiwo Kasihan Bantul. (Ary Kurniawan)

Berbagi:

Pos Terbaru :