Tingkatkan Kompetensi UMKM Bantul, Wakil Bupati Hadiri Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menghadiri Pembukaan Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy secara luring/offline di Grand Rohan, Selasa (19/9). Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy ini merupakan rangkaian Program Digital Talent Scholarship tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo. Pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu 19-20 Juli 2022 dan diikuti oleh 100 orang pelaku UMKM di Kabupaten Bantul. Turut serta dalam acara ini, Anggota Komisi I DPR RI, Drs. H. Moh. Idham Samawi yang juga merupakan Mantan Bupati Bantul.

Di era Digital ini, tentunya kita mengetahui bahwa pelaku usaha dituntut untuk dapat berinteraksi menggunakan infrastruktur digital, baik itu menggunakan cara, maupun memiliki bisnis modal yang berbasis digital. Transformasi Digital ini diharapkan dapat mendorong proses bisnis organisasi untuk dapat berkembang dan dikelola bukan lagi secara analog atau manual, tetapi dapat berbasis digital. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi para pelaku usaha dalam menembus pasar serta memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen. Lewat teknologi digital ini pula, para pelaku usaha dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, membuka akses ke pasar luar negeri dan memudahkan akses ke pelanggan dan pemasok.

Kepala Badan Litbang yang diwakili oleh PLH Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, Hamdani Pratama, S.H., M.I.Kom., menyampaikan bahwa Program Digital Talent Scholarship ini adalah program pelatihan pengembangan kompetensi yang telah diberikan kepada talenta-talenta digital Indonesia sejak tahun 2018. “Program Digital talent Scholarship ini didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang, sehingga terciptanya peran maksimal antara pemerintah, komunitas atau masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha dan media untuk menjadi fasilitator dan juga akselerator pendukung ekonomi digital,” terang Hamdani.

Lebih lanjut, Hamdani menyampaikan, “Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM khususnya di bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi bagi para pelaku usaha maupun UMKM di seluruh Indonesia.”

Selanjutnya, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tinggi kepada Drs. H. Moh. Idham Samawi dan BPPTIK Kementerian Kominfo atas sinerginya dalam membangun Kabupaten Bantul melalui Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy bagi UMKM di Kabupaten Bantul.

“Yogyakarta merupakan provinsi yang memberikan kontribusi positif kepada perkembangan Negara melalui ekspor kerajinan, dan 70% dari pengrajin di Yogyakarta berasar dari Kabupaten Bantul,” ungkap Joko Purnomo.

“Kami juga sangat bangga kepada masyarakat Bantul, khususnya para pengrajin dan UMKM, walaupun dalam masa pandemic kita (Pemerintah) belum memberikan yang terbaik, tetapi tetap berusaha bangkit,” lanjut Joko Purnomo.

Terakhir, Joko Purnomo juga mengajak untuk bersama-sama mengembangkan dan membangkitkan UMKM di Kabupaten Bantul pasca pandemi Covid-19, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi marketplace lokal, yaitu Bantul Online Shop (BOS) untuk melakukan transaksi jual beli.

 

Berbagi:

Pos Terbaru :