PEKAN INOVASI DAN KARYA ILMIAH REMAJA (PIKIR)DI BANTUL, Diikuti 57 Kelompok dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama

Untuk menggairahkan para remaja berpikir ilmiah dan tulis menulis, FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kab. Bantul mengadakan Pekan Inovasi dan Karya Ilmiah Remaja (PIKIR), Minggu (26/7) di SMP N I Bantul.

Acara yang melibatkan kelompok anak Sekolah dasar Dan Sekolah Menengah Pertama tersebut dibagi dalam tiga keompok yakni bidang Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dari proposal yang masuk berjumlah 57 diambil 35 judul dari tiga kelompok dan diadakan pemaparan untuk diadakan penilaian seberapa kemampuan anak mempertahankan hasil karyanya.

Menuurut Ketua Panitia Drs. R. Purwantoko tujuan dari diadakannya Pekan Inovasi dan Karya Ilmiah Remaja (PIKIR) untuk memberi kesempatan kepada siswa berkompetisi dalam bidang karya ilmiah disamping juga ikut menggairahkan tulis menulis di kalangan siswa.

Wakil Bupati Bantul Drs. Sumarno. Prs. dalam sambutannya mengatakan kegiatan penelitian yang ilmiah sangat diperlukan bagi siswa untuk menggugah kreatifitas dalam pengembangan ilmu. Pemkab Bantul sangat mendukung kegiatan tersebut bahkan bila perlu diadakan tiap tahun. Anak pada dasarnya mempunyai kemampuan yang berbeda sehingga bila diberi lahan untuk berkreasi akan mampu menarik bakat dan kemampuan yang terpendam.

Untuk tingkat SMP ternyata cukup kreatif dengan berbagai judul percobaan diantaranya Pengaruh Air Sisa Deterjen terhadap Perkecambahan Kacang Hijau dari MTs N Giriloyo Imogiri dan Jagung Sebagai Bahan Pembuat Susu dari SMP N 2 Bantul. Sementara untuk tingkat SD ada judul Pengelompokkan berbagai Macam Daun Berdasarkan Bentuk Tulang Daun dari SD Beji dan Pengenalan Jenis-Jenis Awan Berdasarkan Bentuk dari SD Islam Terpadu Salsabila Jetis.

Pada acara tersebut kelompok yang memperoleh kejuaraan akan mendapat tropy dan uang pembinaan dan semua peserta akan mendapat sertifikat. (Mwd)

Berbagi:

Pos Terbaru :