Merti Dusun Gondosuli Trukan, Perkuat Gelar Desa Budaya Sriharjo

Sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Tuhan dalam kehidupan, masyarakat Gondosuli Trukan l, Sriharjo, Imogiri, menggelar kegiatan merti dusun. Acara ini digelar selama dua hari pada Kamis -Jumat (8-9) September 2022. 

Adapun rangkaian dari merti dusun yakni diawali dengan dzikir akbar, pementasan karawitan, kirab budaya, kenduri agung, pertunjukkan jathilan, serta ditutup dengan pagelaran wayang.

Disampaikan oleh Lurah Sriharjo, Titik Istiawatun, merti dusun adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. "Acara ini juga melengkapi predikat Sriharjo sebagai desa budaya yang disandang sejak 2021 lalu," ungkap Titik.

Sementara itu Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, berharap, masyarakat Gondosuli Trukan dapat senantiasa menjaga kekompakan, guyub rukun yang sudah membudaya, agar seluruh warga dapat menjalankan kehidupan dan kewajiban dengan baik, lancar, dan mudah.

"Sriharjo sudah ditetapkan sebagai kalurahan budaya artinya warga Sriharjo memiliki budaya yang baik, budaya yang diwariskan dari leluhur kita, salah satunya berupa sikap, karakter, dan tatanan sosial, yakni, nyawiji, greget, sengguh ora mingkuh" jelas Halim.

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :