Selopamioro Genjot Pertanian Sebagai Sektor Unggulan

Sebagai salah satu food estate unggulan di Kabupaten Bantul, Selopamioro terus mengembangkan sektor pertanian yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Setelah berhasil menjadikan bawang merah dan tembakau sebagai ikon populer, Selopamioro juga berupaya menambah komoditi lain di bidang pertanian.

Saat melakukan gerakan tanam alpukat di Dusun Srunggo 2, Selopamioro (13/9), Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengamini bahwa Selopamioro merupakan kawasan yang apik untuk mengembangkan sektor pertanian. Apalagi, Kabupaten Bantul juga telah menetapkan sektor pertanian sebagai sektor unggulan di samping industri kreatif dan pariwisata.

“Angka pertumbuhan sektor pertanian itu terus naik. Jadi tidak salah kalau sektor pertanian jadi sektor yang diunggulkan. Yang penting para petani ini harus selalu terbuka menerima inovasi-inovasi dan teknologi baru di bidang pertanian. Harus mau belajar dan mengembangkan. Contohnya teknologi sustainable balance farming dan waterless management farming. Itu sebagian sudah diterapkan di Sanden dan bisa memangkas biaya produksi,” tambah halim.

Semangat memajukan pertanian di Selopamioro itu juga ditekankan oleh Ketua Kelompok Tani Bumi Mukti, Sadani. Ia berharap 1000 bibit alpukat yang dibagi dan ditanam hari ini tumbuh dengan baik, sehingga ke depan Selopamioro bisa menjadi salah satu penghasil alpukat terbaik.

Lurah Selopamioro, Drs. Sugeng menambahkan apabila ragam komoditi Selopamioro terus bertambah, hal tersebut juga turut menyokong pariwisata di Selopamioro. Tak hanya bisa dijadikan oleh-oleh, area sawah dan perkebunan yang membentang di Selopamioro dapat dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

Berbagi:

Pos Terbaru :