Hari Kesaktian Pancasila jadi Momen untuk Kembali Menghayati dan Mengamalkan Pancasila

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kali ini, Pemerintah Kabupaten Bantul mengadakan upacara di Lapangan Paseban, Bantul, Sabtu (1/10/2022). Kapolres Bantul, AKBP Ihsan didapuk menjadi inspektur upacara yang diikuti oleh sejumlah aparatur sipil negara dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul.

Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengingat betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berpesan untuk anak muda Indonesia bahwasannya Pancasila merupakan konsensus nasional, konsensus para pendiri bangsa. Maka dari itu, Pancasila harus diikuti dan harus dijadikan dasar pedoman  bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Apabila tidak berpedoman kepada Pancasila, nantinya rawan terjadi benturan-benturan antar sesama anak bangsa.

Ia juga menambahkan maraknya perkembangan ideologi transnasional yang semakin menjadi-jadi perlu dicegah dengan tameng, yaitu Pancasila. Salah satu caranya dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, lomba-lomba, hingga sosialisasi.

“Maka itulah di momen Kesaktian Pancasila ini mari semua kembali belajar menghayati dan mengamalkan Pancasila, karena negara yang besar negara dengan keberagaman budaya, suku dan bangsa ini butuh pemersatu, dan pemersatu yang sudah kita sepakati yaitu Pancasila,” ujarnya.

Berbagi:

Pos Terbaru :