Kemah Wisata Gadung Mlati Diharapkan Dongkrak Potensi Lokal Banyuurip

Kemah Wisata Gadung Mlati yang digagas oleh Paguyuban Warkaban diharapkan dapat mendogkrak potensi lokal di Banyuurip, Caturharjo, Pandak. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos saat pembukaan Kemah Wisata Gadung Mlati, Jumat (28/10/2022).

“Harapannya, Kemah Wisata Gadung Mlati ini dapat mengangkat potensi lokal dan mengembangkan masyarakat di Banyuurip sebagai destinasi baru di Bantul. Sehingga ke depan juga  dapat terwujud sebagai desa wisata,” tegas Kwintarto.

Ia menambahkan, Kabupaten Bantul kini memiliki 43 desa wisata yang dapat dikunjungi. Selain itu, masih ada 33 desa lain yang didorongdan didampingi  untuk dapat menjadi desa wisata agar turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Bantul. Apalagi, tingkat kemiskinan di Kabupaten Bantul meningkat pasca pandemi. Semakin banyak desa wisata maupun desa rintisan mandiri budaya terbentuk, diharapkan masyarakat sekitar semakin produktif dan berdampak pada kesejahteraan. 

Senada dengan hal tersebut, Ketua Paguyuban Warkaban, Didik Ahmadi menyampaikan Paguyuban Warkaban terus berupaya untuk berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Bantul dari berbagai sektor.

“Pembukaan Kemah Wisata Gadung Mlati ini juga menjadi rangkain hari jadi Paguyuban Warkaban. Sebelumnya, kami melakukan berbagai diskusi, riset, inovasi, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan di Bantul. Untuk bidang pariwisata, selain merintis kemah wisata, kami juga memiliki rencana jangka menengah terkait pengembangan potensi pantai selatan dan gumuk pasir,” ujar Didik.

Pada kesempatan yang sama, Didik juga memastikan apa yang dilakukan Paguyuban Warkaban tidak berhenti sampai diskusi semata. Diskusi yang telah dilakukan dilanjutkan dengan sejumlah aksi dan rekomendasi yang telah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul.

Selain di sektor pariwasata, Paguyuban Warkaban juga berusaha berkontribusi dalam bidang lain seperti sektor pertanian, pengelolaan sampah, maupun program lain yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Bantul. Oleh sebab itu, diharapkan kolaborasi dan sinergi yang selama ini terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Bantul dapat terus terlaksana dengan baik.

Berbagi:

Pos Terbaru :