Jawara Cilik Lomba Bertutur akan Wakili Bantul ke Tingkat DIY

Gelaran lomba bertutur tingkat SD/MI di Kabupaten Bantul tahun 2022 telah memasuki babak final. Setelah dilaksanakan babak penyisahan per wilayah sejak awal November kemarin, akhirnya Rabu siang (30/11/2022) diumumkan tiga besar pemenang dari tiga wilayah lomba yakni Bantul Timur, Bantul Barat, dan Bantul Tengah.  

Para pemenang ini mendapatkan trofi, piagam, dan bingkisan. Bunda literasi Bantul, Emi Masruroh Halim, mengatakan bahwa nantinya kesembilan orang pemanang ini akan diseleksi kembali untuk memperebutkan posisi sebagai wakil Kabupaten Bantul dalam ajang yang sama di tingkat provinsi DIY.  

Kompetisi yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anak dan menumbuhkan budaya gemar membaca, karena kemampuan bertutur adalah indikator pemahaman terhadap bahan bacaan baik yang tersirat maupun tersurat. Terlebih dalam kompetisi kali ini, peserta diharuskan menyampaikan perjuangan dan legenda, harapannya anak-anak dapat memperoleh nilai-nilai moral seperti kepahlawanan, persatuan, cinta tanah air, dan lain sebagainya.

Mengamini pernyataan tersebut, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, memandang bahwa kegiatan bertutur ini adalah cara yang sudah lama dilakukan leluhur kita untuk mengajarkan nilai- nilai moral. Pesan tersebut disampaikan melalui cerita rakyat dan lain sebagainya. "Ini tujuan literasi kita, bagaimana masyarakat gemar membaca, memahami apa yang dibaca dan mampu menyampaikannya kepada orang lain," imbuh Halim.

Pihaknya juga menghimbau untuk terus mendorong dan mendukung semangat anak-anak agar memiliki kecintaan terhadap budaya membaca agar literasi generasi muda lebih tinggi dibanding generasi saat ini. Karena menurutnya, orang dengan kecakapan dan cakrawala pengetahuan yang luas lah yang kelak akan memenangkan masa depan. (Am)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :