Sebagai upaya meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) membangun gedung baru dan diresmikan hari ini, Jumat (27/01/2023).
Gedung baru ini dibangun karena gedung yang lama nantinya akan digunakan sebagai Mall Pelayanan Publik. Mall Pelayanan Publik ini akan mengakomodir pelayanan baik perizinan maupun non perizinan yang ada di Kabupaten Bantul. Ada 14 lembaga kementerian vertikal dan OPD yang akan bergabung, sehingga total ada 20 instansi yang akan bergabung melakukan pelayanan di Mall Pelayanan Publik. Instansi yang akan bergabung yaitu dari Kejaksaan Negeri, Polres, Pengadilan Negeri, PT Taspen, KPP Pratama, Kemenag, PT Pos, BPOM, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Sebagai rintisannya, saat ini sudah ada beberapa instansi yang membuka pelayanan antara lain BPN, BNN, dan Samsat.
Kepala DPMPTSP Kabupaten Bantul, Dra. Annihayah, M.Eng., dalam sambutannya pada acara peresmian gedung baru mengatakan bahwa gedung ini dibangun oleh DPUPKP sejak Bulan Juli 2022 dan telah selesai sesuai target. Dengan adanya gedung ini diharapkan gedung yang lama dapat segera dimanfaatkan sebagai Mall Pelayanan Publik yang nantinya bisa mempermudah masyarakat yang akan mengurus perizinan maupun non perizinan. Mereka cukup mengunjungi Mall Pelayanan Publik yang berada di Kompleks Pemda II Manding ini, dan tidak perlu mengunjungi beberapa tempat.
“Dengan dibangunnya gedung baru DPMPTSP dan dimanfaatkannya gedung lama menjadi Mall Pelayanan Publik ini, haparannya masyarakat yang akan mengurus perizinan maupun non perizinan dapat melakukannya di satu tempat. Tidak perlu jauh-jauh dan mengunjungi beberapa tempat, di MPP ini bisa melayani Anda untuk hal perizinan maupun non perizinan,” tegas Annihayah.
Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menyambut baik dibangunnya gedung baru DPMPTSP, dan dimanfaatkannya gedung lama menjadi Mall Pelayanan Publik yang sudah lama menjadi impian Pemerintah Kabupaten Bantul. Dengan adanya MPP ini nantinya diharapkan dapat menciptakan pelayanan yang cepat, akurat, ramah, dan terwujudnya kepuasan masyarakat. Beliau juga berpesan agar gedung ini dapat dikelola dengan baik, dan dapat dikembangkan lagi menjadi lebih luas dan representatif.
“Selamat atas dibangunnya gedung yang baru, dan dimanfaatkannya gedung lama menjadi Mall Pelayanan Publik. Diharapkan masyarakat dapat dilayani dengan baik dan bisa mengarah kepada terwujudnya excellent service. Kami berpesan agar gedung yang sudah dibangun ini dilakukan pemetaan agar dapat ditata dengan baik. Selain itu, perlu adanya peningkatan kapasitas SDM dan anggaran untuk menunjang peningkatan pelayanan publik,” pungkas Joko. (Pg)