Forum Pewarta Bantul Lakukan Bakti Sosial sebagai Rangkaian Hari Pers Nasional

Telah menjadi agenda rutin dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, Forum Pewarta Bantul (FPB) yang berjumlah 26 orang kembali melaksanakan bakti sosial bagi warga Bantul yang membutuhkan. Tahun ini, bakti sosial diberikan kepada Slamet Widodo (40) yang bertempat tinggal di Bogoran, Trirenggo, pada Rabu (8/2/2023).

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang menyertai para pewarta dalam memberikan bantuan serta dukungan moral kepada Slamet mengucapkan terima kasih atas perhatian para pewarta kepada masyarakat Bantul, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

"Sebelumnya, saya mengucapkan selamat hari pers nasional 2023. Berikutnya, saya apresiasi betul apa yang dilakukan rekan-rekan wartawan hari ini. Bantuan dan dukungan moral bagai masyarakat Bantul yang membutuhkan ini saya yakin akan membentuk sinergi yang baik dalam rangka menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada di Kabupaten Bantul,” jelas Halim.

Sementara itu, Hari Pers Nasional 2023 yang mengambil tema Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat merupakan semangat bagi seluruh jurnalis untuk senantiasa menjalankan profesinya dengan baik. Apalagi, selama ini pers memiliki andil besar dalam setiap peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Hingga kini, pers masih menjadi media yang efektif untuk menyebarkan kejadian-kejadian penting yang kayak diketahui publik.

Menilik sejarah peringatan hari pers nasional, hal ini tak terlepas dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia yang dibentuk pada tahun 1946. Jika kala itu wartawan berperan sebagai pewarta sekaligus aktivis yang membangkitkan kesadaran nasional serta membangun perlawanan rakyat terhadap bentuk penjajahan, peran pers kini juga tak jauh beda. Selain menyebarkan informasi, pers masa kini berperan sebagai alat kontrol sosial, penyambung lidah masyarakat, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, hingga membentuk opini sekaligus menjaga kerukunan masyarakat. (Els)

Berbagi:

Pos Terbaru :