Bantul Siap Hadir Wujudkan Jogja Smart Province

Bantul bergerak bersama dengan kabupaten/ kota lainnya di DIY untuk mewujudkan Jogja Smart Province (JSP). “Bantul akan terus menyempurnakan jaringan fiber optic yang kita punya, sebagai infrastruktur TI yang penting, disamping itu juga dilakukan pengintegrasian aplikasi yang dimiliki, serta membangun sumber daya manusia digital untuk mendukung semuanya,” demikian penjelasan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, saat ditemui pasca menghadiri penandatanganan MoU dan dukungan untuk JSP di Kantor Gubernur DIY, Kepatihan, pada Selasa (28/2/2023).

Halim berkomitmen untuk membenahi dan mengakeselerasi tatanan teknologi serta data di Kabupaten Bantul yang nantinya akan dapat dimanfaatkan secara bersama-sama oleh kabupaten dan kota di DIY. Bantul sendiri terbilang menjadi salah satu kabupaten dengan prestasi yang cukup mumpuni. Tahun 2022 kemarin, Bantul meraih predikat indeks SPBE tertinggi nasional untuk kategori kabupaten/kota. Selain itu penguatan untuk berbagai dimensi dalam JSP juga akan dilakukan agar pemanfaatan IT yang dilakukan benar-benar berdampak dalam kehidupan masyarakat.

Diketahui sebelumnya, DIY terpilih sebagai daerah untuk pelaksanaan pilot project program Gerakan Smart Province yang diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. DIY  terpilih bersama dengan Provinsi Jawa Barat karena memenuhi kriteria dari komitmen pimpinan untuk membangun daerah melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi, dukungan keuangan daerah yang memadai, serta peroleh indeks SPBE yang baik. Keduanya, akan mendapatkan  pendampingan selama lima bulan untuk penyusunan master plan.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, menyampaikan bahwa perjalanan membangun smart province telah pihaknya lakukan sejak 2006 lalu. Pada tahun 2017, JSP ditetapkan sebagai program prioritas gubernur. “Jogja Smart Province mengutaman nilai harmonisasi pembangunan manusia Jogja dan teknologi,” imbuhnya. Untuk mendukung hal tersebut, sampai saat ini DIY sudah memiliki jaringan FO yang membentang sepanjang 578 km dan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi serta pendidikan. (Ag)

 

 

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :