Kick Off Bantul Innovation Award 2023, Tak Melulu Soal Teknologi Canggih

Sebagai salah satu komitmen untuk menciptakan ekosistem inovasi, Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kick Off Bantul Innovation Award 2023 di Gedung Mandala Saba, Kamis (6/4/2023).

Menciptakan ekosistem inovasi penting dilakukan untuk memotivasi perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat di Kabupaten Bantul dan mendorong penerapan tata laksana pemerintahan yang baik. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul.

“Inovasi menjadi kata kunci perubahan birokrasi. Inovasi juga tidak selalu identik dengan teknologi yang canggih. Yang penting bagaimana aspek kemanfaatan inovasi tersebut. Apakah bisa lestari? Bagaimana pengaruhnya bagi layanan publik? Inovasi-inovasi yang diciptakan ini nanti juga harus bisa berdampak pada pembangunan yang lebih berkualitas dan implementatif,” ujar Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, saat memberi sambutan.

Perkara inovasi yang tak harus tentang teknologi canggih juga diamini oleh peneliti Bappeda DIY, Ahmad Padang Arifin. Sebab, pada Bantul Innovation Award 2023 nanti, terdapat dua jenis inovasi yang dapat diikutsertakan. Pertama, inovasi digital dengan memanfaatkan platform media maya atau menggunakan teknologi informasi dan komputer. Kedua, inovasi non digital yang menggunakan media lain yang dapat mendorong peningkatan tata kelola pemerintahan, pelayanan masyarakat, atau mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bantul.

Di samping itu, Wakil Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi Universitas Gadjah Mada, Sang Kompiang Wirawan, menekankan bahwa ekosistem inovasi daerah harus disokong banyak pihak. Baik itu dari sisi pemerintah, akademisi, hingga industri. Sebab itulah pada perhelatan Bantul Innovation Award 2023, diharapkan agar banyak pihak turut berpartisipasi. Tak hanya dari pemerintah daerah, namun juga dari perguruan tinggi dan masyarakat umum. (Els)

Berbagi:

Pos Terbaru :