Galakkan Gemarikan Cegah Anak dari Stunting

Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pertemuan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) tingkat Kabupaten Bantul pada Kamis (25/5/2023) di Hall Rumah Makan Wos, Gatak, Timbulharjo, Sewon. 

Hadir dalam kesempatan ini, Emi Masruroh, S.Pd., selaku Ketua Forikan Kabupaten Bantul. Ia menyampaikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) harus lebih disosialisasikan lagi untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

“Dalam kesempatan ini, pengurus dan anggota Forikan yang hadir diharapkan lebih giat dalam menyosialisasikan Gemarikan kepada masyarakat. Harapannya seluruh pihak yang tergabung dalam Forikan dapat mendukung pemerintah untuk memasyakatkan makan ikan, sehingga membantu dalam pengentasan stunting di Kabupaten Bantul,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Istriani, S.Pi., M.M., menyampaikan Tim Forikan yang dibentuk pada tahun 2022 ini mempunyai tugas seusai OPD masing-masing dalam memasyarakatkan makan ikan. 

“Konsumsi ikan di Kabupaten Bantul masih tergolong rendah. Untuk itu tim yang tergabung dalam Forikan diharapkan menjalankan tugasnya sesuai OPD masing-masing. Forikan sendiri tujuannya tidak hanya untuk mengonsumsi ikan tapi untuk pengentasan stunting juga,” ucapnya. 

Istriani juga mengingatkan pada seluruh jajaran pimpinan perangkat daerah, pengusaha makanan dan penginapan se-Kabupaten Bantul serta masyarakat Kabupaten Bantul, bahwa setiap hari Senin, kegiatan pertemuan dan kegiatan lainnya untuk menyajikan olahan ikan laut atau tawar dari Kabupaten Bantul. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :