Mas Menteri Sandi, Jajal Membatik di Wukirsari

Ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 kembali digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Tahun ini, perwakilan Bantul yang masuk dalam jajaran 75 desa wisata terbaik ADWI adalah Desa Wisata Wukirsari di Kapanewon Imogiri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berkesempatan mengunjungi dan merasakan langsung pengalaman berwisata yang disuguhkan di Desa Wisata Wukirsari, pada Minggu pagi (28/5/2023).

Disambut dengan pertunjukan budaya, Menteri Sandiaga juga menjajal pengalaman baru membuat batik tulis yang menjadi salah satu ikon dari Wukirsari. Dirinya menuturkan, Desa Wisata Wukirsari adalah paket komplit yang bisa dikembangkan, dari keindahan alam, kekayaan budaya, produk ekonomi kreatif, dan dukungan dari Pemerintah Daerah. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengajak serta sponsor yang siap untuk membantu menciptkan kluster kriya beserta digitalisasinya untuk pengembangan Desa Wisata Wukirsari kedepan. 

ADWI tahun ini mengusung tema “Desa Wisata Indonesia Bangkit”. Tema tersebut mampu menggambarkan semangat insan pariwisata Indonesia untuk pulih pasca terpaan pandemi covid-19 serta menyukseskan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Kementerian sangat terbantukan dari wisata Jogja, pada triwulan 1, Jogja sudah menyumbangkan di atas target 5-7%, untuk wisatawan mancangera juga geliatnya sudah dapat dirasakan,” terang Sandi.

Nur Rahmadi, pengelola Desa Wisata Wukirsari menuturkan bahwa dampak pandemi covid-19 sangat terasa bagi geliat pariwisata di daerahnya. Kunjungan wisata di Wukirsari pada 2020 turun drastis dari angka 29.000 ke 4.000 kunjungan karena kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat. Tak patah arang, pihaknya bersama dengan seluruh anggota yang 80% didominasi oleh kalangan perempuan terus mencoba bangkit hingga pada tahun 2022 kemarin, jumlah kunjungan ke Wukirsari mampu menembus angka 24.000. 

Berbekal semangat, kekompakan, dan konsistensi dari timnya, Nur Rahmadi berharap tahun ini Desa Wisata Wukirsari dapat meningkatkan kunjungan wisatanya serta menyabet penghargaan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia. Gelar kemenangan yang diperoleh nantinya dalam ADWI, akan menambah panjang catatan prestasi Desa Wisata Wukirsari baik di tingkat nasional maupun internasional. (Am)

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :