Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia

Tepat pada 1 Juni 1945 silam, Pancasila lahir sebagai dasar negara dan alat pemersatu bangsa. Hingga kini, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. 

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Bantul tahun 2023 dengan tema "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia" dilaksanakan di Lapangan Paseban, Kamis (01/06/2023) dengan Kapolres Bantul sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda, Pegawai ASN dan Non ASN, hingga pelajar se-Kabupaten Bantul. 

 

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, SIK  sebagai Inspektur Upacara meneruskan amanat Gubernur DIY menyampaikan bahwa generasi milenial nantinya akan menduduki posisi kemimpinan saat "Indonesia Emas" tahun 2045 kelak. Sekaligus menjadi pilar kebangkitan bangsa. Oleh karenanya, generasi milenial ini membutuhkan metode atau cara yang berbeda untuk mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila. 

"Bangsa memang harus mengkreasi pendekatan baru agar Pancasila dapat diterima dan menjadi living ideology, terutama bagi generasi milenial," tutur Ihsan. 

 

Ihsan melanjutkan, dengan menjadikan Pancasila sebagai ideologi praktis, maka setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat karena memiliki landasan nilai-nilai dengan prinsip musyawarah dan mufakat.

"Tak hanya untuk bangsa Indonesia, tetapi juga untuk perdamaian dunia," tandas Ihsan. (Ans)

 

  

Berbagi:

Pos Terbaru :