Sebagai upaya meningkatkan kualitas manajemen dan kinerja, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul kembali melakukan sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013 oleh Lembaga Sertifikasi AQC.
Dukcapil Bantul selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Berbagai inovasi pun terus dilakukan. Salah satunya saat ini telah ada empat titik Anjungan Dukcapil Mandiri yang berada di DPMPT, Kapanewon Banguntapan, Imogiri, dan Srandakan. Dengan perangkat ini, masyarakat menjadi semakin mudah dalam mengurus dokumen kependudukan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil, Bambang Purwadi Nugroho, dalam acara Close Meeting Sertifikasi ISO di Halaman Disdukcapil, Senin, 26 Juni 2023.
Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo pun berharap dengan adanya sertifikasi ISO ini, selain sebagai upaya meningkatkan kualitas manajemen, juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja, sehingga kredibilitas pelayanan kepada masyarakat pun semakin baik.
Sementara itu, Ir. Yuwono Puguh Santoso, Dirut AQC Global LLC Indonesia, mengucapkan selamat kepada Disdukcapil Bantul yang kembali meraih lanjutan Sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013.
"Tim Disdukcapil Bantul terus menunjukkan kinerja yang konsisten dan cepat tanggap, sistem yang telah berjalan pun masih layak untuk mendapatkan lanjutan sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013. Hal ini berkat kekompakan dan kecerdasan tim," kata Yuwono.
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi atas diraihnya kembali sertifikasi ISO ini. Capaian semacam ini diharapkan dapat diraih juga oleh OPD yang lain agar mempunyai standar pelayanan nasional maupun internasional, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Saat ini seluruh layanan memerlukan basis data yang akurat. Akurasi dan kecepatan data sangat diperlukan. Layanan di Disdukcapil harus terus dibangun dan dikembangkan karena data-data yang dimiliki menjadi rujukan bagi banyak program pemerintah," tegas Halim. (Pg)