Kwarcab Bantul Kirimkan 32 Anggota Pramuka dalam Perhelatan Rainas IX

Gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarab) Bantul bersiap untuk mengirim 32 peserta dalam perhelatan Raimuna Nasional (Rainas) IX di Graha Wisata Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Peserta yang dikirimkan  ini diharapkan bisa membawa banyak perubahan yang lebih baik dan bisa menjaga nama baik Kabupaten Bantul selama mengikuti Rainas IX. Hal ini disampaikan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, saat melepas kontingen Rainas IX pada Selasa (8/8/2023).

Halim menambahkan, pramuka efektif membangun karakter generasi muda. Oleh karena itu, pramuka harus terus berjalan dan terus melibatkan semakin banyak generasi. Sehingga diharapkan banyak kontribusi dari pramuka terhadap pembangunan dan kemajuan Kabupaten Bantul. 

“Matangkan persiapan-persiapan sehingga bisa mengikuti Raimuna ini dengan baik dan mengesankan bagi peserta-peserta yang lain bahwa di Kabupaten Bantul itu memiliki posisi yang strategis sebagai institusi pengembangan SDM terutama bagi generasi muda,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Halim mengungkapkan syukur dan rasa bangga dengan delegasi pramuka Kabupaten Bantul yang akan berangkat dan ikut serta dalam raimuna pramuka di Cibubur. Ia berpesan untuk selalu menjaga kesehatan maupun kekompakan untuk mengikuti raimuna ini sebaik-baiknya.  

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kab. Bantul, Emi Masruroh menyampaikan pelaksanaan Rainas IX yang diselenggarakan pada 14 - 21 agustus 2023 ini memiliki tujuan sebagai sarana bagi sesama anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia untuk memperluas persaudaraan dan mempererat keakraban melalui kegiatan yang atraktif, inovatif, dan kreatif dalam satu kegiatan perkemahan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan di masa depan.

“Peserta akan diberangkatkan pada tanggal 12 Agustus dengan jumlah 32 orang. Untuk persiapan, kontingen cabang Bantul sudah melakukan 6 kali pembekalan tingkat cabang. Di sana dilatih keterampilan kepramukaan, pengembangan potensi peserta, dan juga pengenalan budaya kearifan lokal Bantul dan DIY, di mana ketika dikirimkan dalam Rainas nanti peserta dapat mempromosikan kebudayaan dan potensi wisata di Bantul maupun DIY,” pungkas Emi. (Ag)

Berbagi:

Pos Terbaru :