Pertama Kali Digelar, 3x3 Bupati Cup Berhasil Munculkan Bibit Unggul Dunia Basket

Pertandingan 3x3 Bupati Cup yang diinisiasi oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Bantul berlangsung semarak. Diikuti oleh 54 tim yang seluruhnya berasal dari Bantul, 3x3 Bupati Cup mulai dihelat pada Sabtu (14/10/2023) hingga laga final pada Minggu (15/10/2023) di Taman Millennial.

Kendati baru pertama kali digelar, pertandingan ini nyatanya mampu menarik perhatian masyarakat. Lewat pertandingan ini pula, nampak potensi untuk menjaring bibit unggul asli Bantul. Bukan tanpa sebab. Hal ini berdasarkan fakta bahwa mayoritas peserta dalam 3x3 Bupati Cup memiliki andil dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar (POR) yang mengharumkan nama Bantul. Bahkan, ada beberapa peserta yang pernah mencicip sengitnya pertandingan saat PORDA DIY.

Pada ajang perdana ini, 3x3 Bupati Cup mengadakan kompetisi untuk tiga kategori, yakni kategori umum putra sebanyak 9 tim. Kategori berikutnya adalah U-18 putra yang melibatkan 24 tim dan U-18 putri dengan jumlah tim sebanyak 21.

Dari seluruh rangkaian proses pertandingan, WWW harus melawan Melantai Bersama Papo dalam laga final untuk kategori umum putra. Sementara itu, pada laga final U-18 putri, Tim Cegil bertemu dengan Stargirl. Untuk kategori U-18 putra, Gendeleses dan Ajudero muncul sebagai dua tim tangguh yang sanggup menumbangkan tim lain hingga berhasil lolos pada babak pamungkas.

Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul, yang menyaksikan langsung laga final 3x3 Bupati Cup dan menyerahkan medali serta piala kepada para pemenang mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya pertandingan ini. Menurutnya, 3x3 Bupati Cup mampu menghadirkan warna anyar dalam dunia basket di Bantul serta wahana yang bagus untuk mengembangkan potensi anak muda Bantul.

“Walau baru pertama kali dilaksanakan, kita bisa lihat pertandingan hari ini luar biasa sekali. Basket terbukti masih jadi salah olahraga yang digemari anak muda. Jadi selain bisa menyalurkan hobi, bisa untuk mengasah potensi. Dan dengan animo masyarakat yang cukup besar, kita akan berupaya untuk meningkatkan frekuensi pertandingan-pertandingan semacam ini,” jelasnya.

Menimpali pernyataan tersebut, Ketua Perbasi Bantul, Retno Yuliastuti, M.Pd., M.M., menambahkan akan menindaklanjuti saran Bupati demi memfasilitasi anak muda Bantul yang ingin mengembangkan potensi di olahraga basket.

“Tentu akan kita tindak lanjuti ya. Karena bermula dari mencintai basket, pada akhirnya kegiatan ini bisa mengantarkan anak-anak kita dalam mengharumkan nama Bantul,” pungkasnya. (Els)





 

Berbagi:

Pos Terbaru :