Wujudkan Pemilu Damai Adalah Tugas Bersama

Pemilihan Umum atau Pemilu adalah bentuk nyata dari kedaulatan rakyat. Pemilu merupakan momentum warga negara dalam memilih pemimpin dan wakil yang akan menjadi perwakilan suara rakyat. Keberhasilan Pemilu tidak hanya dari hasil akhir, namun termasuk proses didalamnya. Dalam menyambut tahun Pemilu 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan Launching "Bumi Darma Wangsa" yang bertempat di Pendopo Parasamya Bantul pada Sabtu (24/11/2023).

Sebagai upaya mendukung visi misi pembangunan Kabupaten Bantul dalam mewujudkan masyarakat yang unggul dan bermartabat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul melaksanakan amanat dari Peraturan Menteri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan, yakni dengan menghadirkan salah satu program yaitu Pembumian Pendidikan Sadar Masyarakat Berwawasan Kebangsaan (Bumi Darma Wangsa). Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Stephanus Heru Wismantara, SIP, MM.

"Dalam mendukung visi misi pembangunan Kabupaten Bantul dalam mewujudkan masyarakat yang unggul dan bermartabat, kami melaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan, maka Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul menghadirkan program-program guna mendukung visi misi tersebut dengan Bumi Darma Wangsa, yaitu Pembumian Pendidikan Sadar Masyarakat Berwawasan Kebangsaan," ujar Stephanus. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menuturkan, terlaksananya kegiatan Deklarasi Pemilu Damai adalah sebagai salah satu upaya pesta demokrasi Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik. 

"Pemerintah Kabupaten Bantul menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas deklarasi Pemilu Damai, kita semua berharap melalui deklarasi ini akan menguatkan semangat kita dalam membangun demokrasi dalam kebersamaan yang penuh dengan semangat persatuan dan kesatuan," tutur Halim. 

Ia juga mengucapkan selamat atas launching "Bumi Darma Wangsa" yang memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan, keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, karena dengan meningkatnya kesadaran wawasan kebangsaan akan menjadi pemantik semangat untuk mencintai tanah air dan menjaga keutuhan NKRI. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :