Kick Off Bantul Innovation Award 2024, Riset Inovasi Daerah bersama Bupati Bantul

Bantul Innovation Award 2024 adalah kegiatan kompetisi dan pemberian penghargaan inovasi terbaik di tingkat Kabupaten Bantul dalam pembuatan karya inovatif yang mampu memecahkan permasalahan terkait pelayanan, produk, program pemberdayaan atau sistem lain dalam rangka peningkatan daya saing Kabupaten Bantul. Penyelenggaraan Bantul Innovation Award 2024 di ruang rapat Mandhala Saba Madya, Gedung Induk Lantai 3, Komplek Parasamya Kabupaten Bantul pada Selasa (19/03/2024).

Kepala Bappeda Bantul, Ari Budi Nugroho dalam sambutanya menyampaikan bahwa Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 121 Tahun 2022 tentang Inovasi Daerah, Kabupaten Bantul terus berupaya membangun ekosistem inovasi sebagai pembiasaan baru di dalam Pembangunan Daerah. Dengan menggeliatnya iklim inovasi diharapkan dapat mendukung proses reformasi birokrasi, meningakatkan pelayanan publik maupun percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat. 

“Kegiatan penghargaan ini menitikberatkan penilaian inovasi pada penerapan tahun 2022 dan 2023 di Kabupaten Bantul yang mencakup kebaruan, kemanfaatan, tingkat implementasi dan keberlanjutan, yang dapat direplikasi, berbasis potensi lokal, serta mendukung pencapaian visi dan misi Kabupaten Bantul”, tutur Ari 

Beliau juga menambahkan bahwa tujuan Bantul Innovation Award 2024 adalah melaksanakan brainstorming dan sosialisasi pelaksanaan Bantul Innovation Award 2024, menyampaikan indikator-indikator penilaian kematangan inovasi, dan melaksanakan pendampingan inovasi perangkat daerah.

Sementara itu Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih pada sambutannya juga menyampaikan bahwa birokrasi pada era digital saat ini untuk menjadi lebih implementatif di dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Inovasi menjadi kata kunci dalam perumusan kebijakan agar pelaksanaan pembangunan menjadi berkualitas dan implementatif serta menghadirkan layanan publik prima secara optimal.

“Indeks inovasi daerah ini akan menjadi penilaian atas inovasi daerah yang akan mendorong persaingan antar pemerintah daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, sehingga dapat terwujud kesejahteraan rakyat”, ujar Bupati.

Beliau menambahkan bahwa Bantul itu adalah gudangnya orang-orang kreatif dan inovatif, Bantul dinilai kabupaten paling kreatif pada sub sektor kriya yaitu kabupaten ekonomi kreatif sub sektor kriya yang telah disampaikan oleh Badan Ekonomi Kreatif Nasional pada tahun 2017 dan pada tahun 2023 dikukuhkan oleh Kementerian Pariwisata. (Ag)
 

Berbagi:

Pos Terbaru :