Bupati Bantul : Peran Dukuh Sangat Penting, Jadi Garda Terdepan Bermasyarakat

Padukuhan merupakan sasaran utama pembangunan pemerintah Kabupaten Bantul. Sebab Padukuhan menjadi garda terdepan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam acara Pengarahan Bupati Bantul dan Penyerahan Bingkisan kepada Perwakilan Pengurus PANDU (Paguyuban Dukuh Kabupaten Bantul) yang diselenggarakan pada Jumat (5/4/2024).

“Membangun komitmen kita untuk padukuhan-padukuhan yang kita cintai sebagai sasaran utama pembangunan kita, karena padukuhan kampung merupakan teras depan kita, halaman pertama dimana masyarakat disana tengah melakukan berbagai macam pergulatan kehidupan dari berbagai macam sektor,” tutur Bupati.

Bupati meyakini, peran para dukuh ini menjadi sangat penting didalam struktur pemerintahan maupun struktur sosial masyarakat.

“Menyadari hal inilah betapa pentingnya peran dukuh, posisi dukuh didalam struktur pemerintahan maupun struktur sosial kita. Karena dukuh itu adalah pemimpin, tokoh masyarakat yang paling dekat dengan warga. Dan tentu saja peran dan tanggungjawabnya itu besar karena langsung berhadapan dengan masyarakat. Disisi lain secara pemerintahan, dukuh ini adalah pamong yang mendapatkan tugas dan fungsi sebagai pemimpin-pemimpin wilayah,” imbuh Bupati

Sementara itu, Sulistya S.H., M.MA., Ketua Paguyuban Dukuh Kabupaten Bantul, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dihadiri pengurus harian Kabupaten dan ketua-ketua pengurus kapanewon sejumlah 50 orang. Sulistya mengatakan, Paguyuban Dukuh Kabupaten Bantul memiliki tiga agenda besar yakni syawalan, pekan olahraga dan musyawarah kabupaten yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

“Ada tiga agenda besar yaitu syawalan, pekan olahraga, dan musyawarah Kabupaten,” ujar Sulistya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati mengajak agar kegiatan ini dapat menjadi forum konsolidasi antar dukuh se-Kabupaten Bantul dalam mempercepat capaian pembangunan daerah.

“Marilah kita gunakan untuk konsolidasi dukuh-dukuh se-Kabupaten Bantul agar dukuh-dukuh ini bisa lebih kompak memiliki satu persepsi yang sama agar Bantul ini dapat mempercepat capaian-capaian pembangunan,” pungkas Bupati. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :