GOW Bantul Peringati Hari Kartini 2024

Sosok R.A. Kartini merupakan salah satu tokoh perempuan Indonesia yang bergelar pahlawan nasional yang dikenal aktif memperjuangan emansipasi perempuan pada masanya. Surat-suratnya yang dibukukan dengan tajuk “Habis Gelap Terbitlah Terang” memuat cita-cita dan pemikiran-pemikirannya dalam memperjuangan hak-hak perempuan di Indonesia.

Hari Kartini sendiri selalu diperingati setiap tanggal 21 April setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia untuk mengenang dan meneladani perjuangannya. Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bantul, memperingati hari Kartini dengan mengambil tema Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia. Sebanyak 27 Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW memperingati hari Kartini di Pendopo Parasamya II, Manding, Bantul, pada Senin (22/04/2024).

Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini, Roihana Munawaroh, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan semangat perjuangan R.A Kartini serta menginspirasi kaum muda agar terus berjuang untuk mencapai cita-cita luhur Kartini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan semangat perjuangan R.A Kartini serta menginspirasi kaum muda agar terus berjuang untuk mencapai cita-cita luhur Kartini,” kata Roihana.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Bantul, Dra. Hj. Titi Pratiwi Sariningsih Riyantono, M.Pd, dalam sambutannya mengajak kepada perempuan-perempuan Bantul untuk meneladani perjuangan R.A Kartini dengan terus berkarya dan mengembangkan potensi diri.

“Pada momen peringatan hari Kartini marilah kita teladani perjuangan R.A Kartini untuk terus berkarya mengembangkan potensi diri untuk Indonesia yang lebih baik. Mari kita teladani perjuangan, semangat dan cita-cita R.A Kartini untuk terus bangkit dan berkarya untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Titi.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam peringatan Hari Kartini menuturkan, semangat perjuangan R.A Kartini harus terus dikenang dan diteladani meski dinamika dan tantangan kehidupan terus berkembang. Semangat dan inspirasi dari sosok R.A Kartini harus diteladani guna mewujudkan kemajuan bagi kaum wanita dalam segala bidang.

“Peringatan hari Kartini tahun ini membangkitkan semangat kita untuk terus memperjuangkan pemberdayaan Perempuan Indonesia dengan semangat yang telah diteladankan oleh R.A Kartini, ditengah berbagai dinamika dan tantangan yang kita hadapi saat ini kita harus mengingat perjuangan Ibu Kartini serta mengambil hikmah dan inspirasi dari semangatnya untuk menciptakan kemajuan bagi kaum Wanita. Kita harus meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun sosial budaya,” tutur Bupati. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :