Bantul Fokuskan Pembangunan Ditingkat Kalurahan

Menindaklanjuti selesainya masa bakti Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Kabupaten Bantul periode 2018-2024 pada Bulan Januari lalu, digelar Musyawarah Daerah Badan Permusyawaratan Kalurahan “Among Karsa” Kabupaten Bantul Periode 2024-2030 di Mandala Sabha Madya lantai 3 Kompleks Parasamya, pada Sabtu (27/04/2024). 

Ketua penyelenggara acara, Sudiantoro, S.I.P., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas bimbingan dinas dan instansi terkait sehingga pengurus Bamuskal Among Karsa periode 2018-2024 dapat melaksanakan program yang meliputi empat bidang, yaitu konsolidasi, asistensi, advokasi, dan peningkatan kapasitas. 

Dirinya juga berterimakasih kepada bupati dan jajarannya yang telah mengeluarkan kebijakan terkait penghasilan lurah, bamuskal, pamong, dan tenaga honorer di kalurahan. “Terimakasih kepada bupati dan jajaran yang telah mengeluarkan kebijakan tentang kedudukan keuangan lurah, bamuskal, pamong, dan tenaga honorer sehingga terdapat standarisasi honor terutama untuk anggota bamuskal. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota bamuskal sehingga dapat menjalankan tugas fungsinya dengan baik,” ungkap Sudiantoro. 

Selanjutnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengajak para Bamuskal untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan para lurah dan pamong kalurahan agar pembangunan semakin meningkat. “Pemerintah Kabupaten Bantul telah mendapatkan beberapa capaian kemajuan terutama di bidang pembangunan desa. Indeks desa membangun di Kabupaten Bantul telah mencapai 100% mandiri dan menjadi salah satu jajaran tertinggi di Indonesia, oleh karenanya capaian di bidang pembangunan desa harus terus dipercepat dengan cara mempererat sinergi dan kolaborasi antara bamuskal, lurah, dan seluruh pamong kalurahan sebagai orang-orang yang bertanggungjawab dan mendapatkan amanat dari undang-undang,” tegas Halim. 

Beliau menambahkan bahwa fokus pembangunan di Kabupaten Bantul saat ini berada pada tingkat kalurahan. Dengan adanya kepengurusan Bamuskal yang baru ini, diharapkan dapat menghasilkan kinerja yang baik demi masa depan Kabupaten Bantul yang lebih maju dan menyejahterakan rakyatnya.(Pg)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :