Peringatan Hari Buruh Nasional di Bantul: Solidaritas dan Penghargaan bagi Para Pekerja

Bertajuk “Kerja Bersama Mewujudkan Pekerja yang Kompeten”, momentum Hari Buruh Nasional dirayakan dengan semangat kebersamaan di Kabupaten Bantul, Rabu (01/05/2024) di Gedung BLK Kabupaten Bantul. Ratusan peserta yang tergabung dalam Asosiasi serikat pekerja dari berbagai perusahaan turut meramaikan acara yang didukung oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul ini. 

Ketua Panitia, Fardhanatun dalam sambutannya berharap Pemerintah Kabupaten Bantul untuk tetap memperhatikan kesejahteraan pekerja, baik kesejahteraan dibidang kesehatan, pendidikan, dan lainnya. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang turut serta dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa peringatan Hari Buruh ini mengingatkan akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan dunia ketenagakerjaan dan industrial yang harmonis antara pekerja, pengusaha serta pemerintah. 

“Dengan hubungan industrial yang harmonis, maka keberlangsungan usaha dan produktivitas akan terjaga dan pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak, baik pekerja maupun pengusaha,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa ekonomi akan bertumpu pada sektor industri, sebagaimana karakter ekonomi modern. Sektor industri umumnya relatif rentan terhadap gejolak, sehingga sektor ini perlu dijaga dan dipelihara bersama. 

“Gejolak ketenagakerjaan harus dihindari agar kinerja ekonomi daerah terus tumbuh, dunia usaha berkembang dan kesejahteraan buruh meningkat,” pungkas Bupati. 

Kegiatan dimulai dengan senam bersama sebagai simbol kebugaran dan kebersamaan. Selain itu, acara ini juga menjadi momen penting untuk berbagi kebaikan melalui donor darah.

Puncak acara ditandai dengan penyerahan santunan kepada beberapa pekerja yang telah mengalami kesulitan, sebagai bentuk dukungan dari BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Ini tidak hanya sebagai penghargaan atas dedikasi mereka dalam dunia kerja, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk memastikan kesejahteraan mereka di tengah tantangan ekonomi yang terus berubah. (Ans) 

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :