Nostalgia Masa Lalu di Festival Klangenan 2024

Klangenan dapat diartikan sebagai kesenangan ataupun hobi. Menghadirkan berbagai produk kerajinan, mainan anak, barang-barang antik, serta kuliner tempo dulu. Festival Klangenan 2024 di Pasar Seni dan Wisata Gabusan mulai dibuka pada Selasa (30/4/2024) dan akan berlangsung hingga 4 Mei mendatang. 

Diikuti oleh 55 peserta, Festival Klangenan buka pada pukul 13.00 hingga 22.00. Selain kuliner dan kerajinan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai pentas seni. 

Menurut Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul, Husin Bahri, Festival Klangenan 2024 ini merupakan ajang pameran dan promosi pelaku UKM, IKM, dan industri kreatif di Kabupaten Bantul. Festival ini menjadi yang kedua kalinya, setelah pada Tahun 2023 lalu cukup menyedot antusiasme pengunjung. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa Festival Klangenan ini sebagai bagian dari ‘nguri-uri kabudayan’ atau melestarikan kebudayaan adiluhung, baik kuliner maupun kerajinan. 

“Kita ingin mewariskan kepada anak cucu kita tentang khazanah kuliner masa lalu yang masih dinikmati hingga saat ini, sehingga nantinya kuliner tradisional warisan budaya ini dapat terus dilestarikan,” pungkas Halim. (Pg)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :