Peringati Hardiknas, Pemkab Bantul Gelar Upacara Sekaligus Pembukaan Bantul School Expo 2024

Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul gelar upacara di Lapangan Stadion Sultan Agung pada Kamis (02/05/2024). Peringatan Hardiknas 2024 dengan tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’ juga diikuti sejumlah siswa-siswi Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Ia menyampaikan, jika lima tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan merdeka belajar.

“Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan kearah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tutur Bupati.

Bukan hal yang mudah mentransformasi sebuah sistem dan mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Setelah melewati proses panjang penuh perjuangan pun, Indonesia masih dihadapkan lagi dengan tantangan yakni pandemi sehingga berdampak pada perubahan proses belajar mengajar. Akan tetapi, pandemi yang hadir pun memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong kembali bangkit, muncul wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia yakni gerakan Merdeka Belajar.

Kemendikbudristek tengah berjuang untuk senantiasa meneruskan gerakan yang berkelanjutan itu sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan. Ia berpesan kepada para guru di Indonesia, untuk mendidik para siswa yang kelak menjadi para penggerak perubahan di Indonesia.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” imbuh Bupati.

Terakhir, Bupati menyampaikan jika momentum hari pendidikan nasional sebagai refleksi dan evaluasi Pendidikan di Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, juga sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bantul School Expo tahun 2024 yang akan berlangsung sejak tanggal 02 Mei 2024 hingga 07 Mei 2024. Bantul School Expo menampilkan hasil karya dan bakat anak-anak didik se-Kabupaten Bantul.

Nugroho Eko Setyanto, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bantul, dalam sambutannya pada pembukaan Bantul School Expo 2024, menyampaikan bahwa pendidikan sejatinya menjadi pondasi dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berorientasi kepada masa depan.

“Pemerintah Kabupaten Bantul tengah mencanangkan satu misinya yaitu pengembangan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter, dan berbudaya Istimewa. Misi tersebut menjadi arah bagi Dikpora Bantul untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” kata Nugroho. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :