Potensi Transformasi Digital Jadi Modal Menuju "Indonesia Emas 2045”

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul digelar Senin (20/05/2024) di Lapangan Paseban. Dengan bertemakan “Bangkit Menuju Indonesia emas”, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa kemajuan teknologi yang melesat cepat merupakan realita yang harus dihadapi di hari-hari ini. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua. 

“Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” tegas Bupati. 

Bupati menambahkan, inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, bahwa yang menguasai teknologi yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi bangsa untuk menyongsong "Indonesia Emas".

“Sementara itu, di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Bupati. 

Karenanya, Bupati menuturkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030. 

“Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju "Indonesia Emas 2045",” pungkas Bupati. 

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 ini dilanjutkan dengan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Bantul(Ans)

Berbagi:

Pos Terbaru :