Hari Pertama Mataram Culture Fest 2024, Sedot Animo Ribuan Masyarakat

 

Gelaran Mataram Culture Fest 2024 sedot animo masyarakat di hari pertama pembukaan pada Senin malam (24/6/2024). Ribuan warga antusias menyaksikan berbagai suguhan budaya yang digelar di Pasar Seni Gabusan ini. Ajang yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten (Kundha Kabudayan) Bantul ini merupakan kali kedua diselenggarakan. Tak hanya sebagai wadah kenalkan aktivitas budaya di Bumi Projotamansari, ajang ini juga sebagai upaya dalam menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mataram Culture Fest 2024 berlangsung selama enam hari kedepan mulai 24-29 Juni 2024 dengan mengusung tema Bantul Duwe Gawe. Menghadirkan berbagai atraksi budaya mulai dari pentas reog wayang manggala muda, wayang kolaborasi, gamelan, karawitan, sejumlah atraksi budaya dan penampilan dari para seniman Bantul. Gelaran ini juga dimeriahkan dengan adanya stand kuliner mataraman.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang hadir meresmikan pembukaan Mataram Culture Fest 2024 mengapresiasi betul gelaran ini. Menurut Wabup, gelaran ini merupakan wujud dari pelaksanaan pelestarian budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur kita.

“Kita telah diwarisi oleh leluhur mataram yaitu sebuah pola pikir yang berkembang dimana membangun sebuah kebudayaan walaupun dengan upaya yang rumit, malam hari ini warisan itu kita laksanakan untuk mewujudkan Bantul yang Istimewa,” tutur Wabup.

Lebih lanjut, Wabup menekankan jika gelaran ini diharapkan dapat memberi dampak yang luas dalam rangka untuk menggerakan ekonomi masyarakat dengan melibatkan seniman dan berbagai UMKM lokal.

“Bantul Duwe Gawe ini artinya nguwongke seniman, nguwongke UMKM. Kegiatan ini dikemas dengan sangat apik dengan melibatkan banyak seniman yang semuanya adalah warga Bantul. Selama enam hari kedepan kita akan disuguhkan pagelaran yang luar biasa,” imbuh Wabup.

Ajang ini juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Bantul dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :