Khidmat dan Haru Pengukuhan 72 Anggota Paskibraka Bantul, Cium Bendera Diiringi Lagu Padamu Negeri

Setelah melewati serangkaian proses seleksi ketat dan digembleng dengan latihan panjang berminggu-minggu, sebanyak 72 putra-putri terbaik Kabupaten Bantul resmi dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) oleh Bupati Bantul pada Kamis malam (16/8/2024) di Pendopo Manggala Parasamya. Prosesi pengukuhan yang berjalan dengan khidmat terasa semakin haru saat satu per satu anggota Paskibraka mencium bendera merah putih diiringi lagu Padamu Negeri sebagai tanda cinta kepada bangsa dan negara.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang mengukuhkan langsung putra-putri terpilih Paskibaraka menyebut Paskibraka merupakan simbol kebanggaan dan kepercayaan yang besar karena tugas mulia ini adalah bentuk nyata dari kesetiaan dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam mengibarkan sang saka merah putih. Paskibaraka bukan hanya menjalankan tugas seremonial semata, tetapi juga menjadi perwujudan semangat juang dan perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan.

“Saya ingin menekankan bahwa pentingnya peran kalian sebagai generasi penerus bangsa. Kalian adalah harapan dari masa depan Indonesia. Dengan semangat dan tekad yang kuat kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman Nusantara. Kita jaga nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, keadilan sosial dan persatuan tanpa membedakan perbedaan suku, agama, ras, dan golongan,” tegas Halim.  

Lebih jauh, Bupati menekankan bahwa generasi muda selalu memiliki andil dalam setiap perjalanan bangsa Indonesia. Untuk itu, ia berharap ikrar yang telag diucapkan oleh para Paskibraka dapat betul-betul dihayati, dipedomani dan dijalankan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara dimasa kini dan masa depan.

“Mari kita jadikan semangat juang para pahlawan sebagai landasan kita untuk membangun bangsa dan negara. Dalam sejarah bangsa Indonesia, generasi muda selalu menempati tempat yang strategis dari setiap peristiwa penting yang telah terjadi. Jadilah teladan dari displin, semangat dan kebanggaan Indonesia. Kalian adalah representasi dari keberanian dan semangat juang generasi muda Indonesia,” pungkasnya. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :