Polres Bantul Gelar Simulasi Penanganan Konflik Pilkada 2024

Polres Bantul menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (simpamkota) atau penanganan konflik pemilu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bantul tahun 2024. Simulasi yang melibatkan 730 personil gabungan dari TNI-Polri dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul ini diselenggarakan di Lapangan Paseban pada Rabu (20/8/2024).

Simulasi penanganan konflik Pilkada dilakukan mulai dari tahapan kampanye, penghitungan suara, hingga penetapan bupati terpilih. Konflik yang terjadi di setiap tahapan Pilkada ditangani dalam skenario tertentu oleh petugas gabungan.

Dalam simulasi sispamkota, tampak sekelompok massa yang tidak menerima hasil penghitungan suara dan adanya berita hoax dari media sosial karena pencoblosan ganda. Kemudian massa melakukan unjuk rasa. Polres Bantul yang didukung personil Brimob Polda DIY, berupaya membubarkan massa yang mulai anarkis.

Dalam laporannya, Wakapolres Bantul Kompol, Ika Shanti Prihandini, menyampaikan, melalui simulasi ini para personel yang akan melaksanakan pengamanan diharapkan mampu mendukung kesiapan pengamanan yang lebih baik lagi dari semua fungsi atau satuan serta mampu menumbuhkan komitmen bersama dengan stakeholder dan instansi terkait.

“Simulasi Sispamkota ini merupakan wujud kesiapan personel pengamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi ancaman dan situasi darurat yang mungkin terjadi selama rangkaian proses pemilihan kepala daerah tahun 2024,” tutur Wakapolres.

Sementara Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menambahkan bahwa Polres Bantul bersama Brimob Polda DIY melakukan simulasi yang sangat menarik dan sangat menghibur, bagaimana kesiapan Polisi didalam menangani berbagai kemungkinan yang terjadi pada proses Pilkada Kabupaten Bantul tahun 2024.

“Ini semakin memberikan harapan besar bahwa penyelenggaraan Pilkada ditahun ini akan berjalan dengan lancar, aman dengan pengamanan yang penuh dari aparat Kepolisian,” jelas Bupati.

Bupati Bantul mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Polres Bantul, Brimob Polda DIY yang sigap dan siap untuk mengamankan perhelatan besar Pilkada Kabupaten Bantul tahun 2024. (Ang)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :