DKP Bantul Tebar Benih Lele Garuda Samudra: Gerakan Perikanan untuk Masyarakat Samubarang Dadi Reja

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul lakukan tebar benih ikan lele sebagai upaya memperkuat sektor perikanan lokal melalui kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak. Kegiatan yang diberi nama Garuda Samudra (Gerakan Perikanan untuk Masyarakat Samubarang Dadi Reja) ini dilaksanakan di Dusun Godekan, Poncosari, Srandakan, Bantul pada Jumat (30/8/2024).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Istriyani menyebut Garuda Samudera adalah sebuah konsep pengembangan kawasan yang bisa dikembangkan di daerah lain. Kalurahan Poncosari sendiri dipilih karena eksistensinya dalam budidaya perikanan.

“Ini adalah sebuah konsep pengembangan kawasan yang bisa dikembangkan di daerah lain. Satu keunggulan yaitu satu kelompok yang cukup eksis dalam perikanan budidaya yakni kelompok Patil Berkah Jaya,” kata Istriyani.

Lebih jauh, Istriyani menyebut Kabupaten Bantul sendiri telah ditetapkan sebagai kampung perikanan budidaya oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan Kapanewon Srandakan dan Pleret sebagai wilayah percontohan. “Dari 210 Kabupaten, salah satunya Kabupaten Bantul. Bersama dengan Sleman,” imbuhnya. 

Ia mengatakan perikanan harus dikembangkan dengan satu konsep yang terpadu. Dengan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kalurahan, Masyarakat, Unsur swasta yang meliputi praktisi bisnis dan akademisi serta media.

Sementara itu, Panewu Kapanewon Srandakan, Sarjiman menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya pemilihan Kapanewon Srandakan dalam kegiatan ini menjadi hal yang tepat mengingat status Kalurahan Poncosari sebagai desa maritim.  Pihaknya berharap agar keberlanjutan dari program ini dapat terus dilaksanakan agar kebermanfaatannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami termasuk satu kawasan yang dipilih, semoga ini membawa harapan kedepan bagaimana perikanan budidaya khususnya ikan lele bisa dikembangkan lebih lagi diwilayah kami. Kita yakin dengan manajemen yang baik dan sinergitas akan menjadi harapan Kalurahan Poncosari,” ujar Sarjiman.  

Senada dengan hal tersebut, Ketua Kelompok Patil Berkah Jaya, Rita mengaku senang, sebab hal ini dapat menjadi embrio bagi pemuda di Kalurahan Poncosari untuk mengembangkan budidaya perikanan. “Bisa memajukan kemampuan masyarakat terutama pemuda agar dapat berbisnis. Karena dukungan dari dinas ini menjadi embrio modal awal pemuda di Poncosari,” bebernya.

Berbagi:

Pos Terbaru :