Serius Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dinsos Luncurkan SIDAMESRA Berbasis Android

Pemerintah Kabupaten Bantul terus menunjukkan langkah signifikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Bantul. Hal ini dibuktikan melalui peluncuran sistem SIDAMESRA (Sistem Informasi Data Menuju Sejahtera) berbasis Android, yang sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk website oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Jumat (30/08/2024) Di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bantul.

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Gunawan Budi Santoso, S.Sos., M.H., menjelaskan SIDAMESRA muncul data kemiskinan dan kesejahteraan sosial ekonomi yang disediakan menurutnya semakin tidak akurat. Oleh karena itu pihaknya berupaya agar memiliki sistem informasi yang dapat menunjang program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantul. 

“SIDAMESRA merupakan sistem informasi yang berfokus pada upaya ketepatan pemberian program dan bantuan sosial dan ekonomi, “ tutur Gunawan. 

Ia juga menjelaskan, pengguna SIDAMESRA adalah pemangku kepentingan pada berbagai level kewilayahan di Kabupaten Bantul, terdiri dari organisasi perangkat daerah, panewu, lurah, serta pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan data kesejahteraan sosial. 

“Kedepannya kami akan terus mengembangkan data yang ada pada SIDAMESRA sehingga mampu memvisualisasikan kepemilikan data, seperti kondisi rumah dan lingkungan sekitar pemilik data,” tegas Gunawan. 

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara, Ph.D., yang turut hadir dalam acara ini menuturkan dirinya cukup terkejut pada saat DIY dinyatakan memiliki tingkat kemiskinan tertinggi. Namun, data kemiskinan yang ada pada saat itu hanya berupa data agregat, sehingga diragukan keasliannya. 

“Maka, ketika Kepala Dinas Sosial memperkenalkan SIDAMESRA, saya pikir ini sistem yang menarik kartentangena memiliki data yang cukup lengkap. Oleh karenanya saya ingin tau lebih lanjut, apakah SIDAMESRA ini bisa diaplikasikan lebih lanjut ke seluruh DIY,” pungkas Kanjeng. 

Ia berharap, dengan inovasi ini, kesejahteraan masyarakat Bantul dapat terus meningkat dan program-program sosial yang dijalankan pemerintah dapat lebih tepat sasaran dan terukur. (Ans)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :