Wiwitan dan Penanaman Pohon Awali Rangkaian Acara Semarak Dirgantara AAU di Kabupaten Bantul

Dalam rangkaian acara Semarak Dirgantara, Aspotdirga Kepala Staf Angkatan Udara (Kas AU) bersama Bupati Bantul melaksanakan Wiwitan di Pendopo Pemda II Manding, Bantul. Acara ini dibuka dengan kegiatan pemotongan tumpeng, kemudian dilanjutkan penanaman dan penyerahan simbolis bibit pohon kelengkeng oleh Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kas AU bersama Bupati Bantul. 

Penanaman pohon kelengkeng secara simbolis tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen TNI AU dan Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melestarikan lingkungan sekaligus mendukung program penghijauan di wilayah Bantul dan mengantisipasi adanya gelombang gempa bumi. Hal ini disampaikan oleh Marsekal Muda TNI Andi Wijaya, S.Sos., Aspotdirga Kas AU saat memberikan sambutan. 

"Penghijauan tidak hanya penting untuk menjaga ekosistem, tetapi juga untuk keberlanjutan generasi mendatang. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal dari gerakan bersama dalam merawat bumi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menambahkan bahwa kegiatan semarak dirgantara yang memiliki peran strategis untuk mengenalkan dunia Kedirgantaraan kepada masyarakat Bantul serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Bantul. 

“Saya juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan menanam pohon kelengkeng pada hari ini yang juga berperan strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan kita dan mendukung sektor pertanian,” tutur Bupati.

Seperti yang diketahui bersama, sektor pertanian dan sektor pariwisata menjadi dua dari tiga sektor unggulan pembangunan di Kabupaten Bantul, karena besarnya sumbangsih sektor industri, pertanian dan pariwisata pada PDRB Kabupaten Bantul, serta besarnya populasi masyarakat yang menggantungkan hidupnya di ketiga sektor tersebut.

“Karena itu besar harapan kita kegiatan Gebyar Dirgantara yang akan diselenggarakan di Kawasan Pantai Depok Kabupaten Bantul akan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan memberikan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. karena sektor pariwisata adalah sektor strategis yang dapat mengangkat pergerakan ekonomi sektor-sektor yang lain,” lanjutnya.

Rangkaian acara Semarak Dirgantara akan dimulai pada tanggal 7 September 2024 dengan Pawai Marching Band Gita Dirgantara AAU dengan puncak acara akan digelar pada 28 dan 29 September 2024 di Kawasan Pantai Depok. (Ans)

Berbagi:

Pos Terbaru :