Ramai-Ramai Kumpul di CFD, Ajang Olahraga Murah Sekaligus Srawung

Minggu (8/9/2024), sebagian ruas Jalan Jenderal Sudirman yang juga menjadi jalan protokol di Kabupaten Bantul ditutup. Penutupan yang dimulai sejak pukul 6 pagi ini dilakukan sepanjang simpang empat Klodran hingga Pasar Bantul. Usut punya usut, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga, kembali menggelar Car Free Day (CFD).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharjo, menyebut kegiatan ini merupakan penyelenggaraan CFD ke tiga pada tahun 2024 dan menjadi bagian dari peringatan Hari Olahraga Nasional.

“Tahun ini sudah ada tiga kali CFD. Khusus hari ini, sekaligus untuk memperingati Hari Olahraga Nasional. Olahraga itu penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Jadi mari kita mulai rutinkan kembali olahraga di sela-sela aktivitas sehari-hari,” papar Agus.

Diawali dengan senam massal, CFD juga merupakan ajang olahraga yang tidak hanya sehat, tapi juga murah. Selain itu, kegiatan ini ternyata dapat menjadi sarana silaturahmi atau srawung dengan sesama masyarakat Bantul.

“Tadi ada senam. Itu selain sehat, juga murah. Dan jadi ajang berkumpul juga lho. Bisa berbaur, ngobrol bersama, olahraga bersama, itu juga menghibur. Banyak juga kan ini yang mengajak keluarga untuk sama-sama menikmati CFD,” tutur Wakil TP PKK Kabupaten Bantul, Dwi Joko Purnomo, yang ditemui usai mengikuti senam massal.

Dwi menambahkan, CFD juga wadah untuk menggerakkan ekonomi rakyat. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah UMKM yang turut hadir saat CFD. “Hari ini juga ada teman-teman UMKM yang hadir. Harapannya tentu dapat menggerakkan perekonomian. Yuk jangan lupa dilarisi,” imbuh Dwi.

Sementara itu, Sesa (23), salah satu peserta CFD yang hadir merasa CFD kali ini cukup seru dan ramai. Warga Trirenggo ini bersiap dari rumah sejak pagi hari dan meluncur ke CFD bersama anggota keluarga dan tetangga.

“CFD kali ini itu cukup seru ya. Ada hiburan, pembagian doorprize. Ini juga membuat saya sebagai warga Bantul jadi lebih bersemangat untuk olahraga. Semoga acara-acara seperti ini lebih sering diadakan di Bantul,” ucapnya.

Berakhir pada pukul 9 pagi, selama CFD berlangsung, masyarakat Kabupaten Bantul juga dapat menikmati pelayanan publik on the spot seperti konsultasi KTP elektronik bersama Disdukcapil dan konsultasi finansial bersama Bank BPD. (Els)

Berbagi:

Pos Terbaru :