Merti Dusun Glodogan, Bukti Budaya Tetap Lestari

Warga Dusun Glodogan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, menggelar acara tahunan Kirab Budaya Merti Dusun, sebuah tradisi turun-temurun yang bertujuan untuk melestarikan warisan leluhur serta memperkuat rasa persatuan dan gotong royong di tengah masyarakat, Rabu (11/09/2024). 

Dengan mengambil start di Pendopo RT 4 Glodogan, Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, acara yang digelar dengan penuh khidmat ini dimulai dengan kirab budaya yang diikuti oleh warga Dusun Glodogan. Acara ini juga digelar sebagai  simbol rasa syukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah serta menjadi momentum penting bagi warga Glodogan untuk mempererat tali silaturahmi serta menjaga nilai-nilai kebersamaan.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang secara langsung melepas arak-arakan kirab menyampaikan bahwa dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Bantul turut berbangga karena Dusun Glodogan dapat melestarikan kebudayaan merti dusun ini. Menurutnya, melestarikan budaya merti dusun ini berarti melestarikan budaya persatuan dan gotong royong diantara warga. 

Selain itu, pemerintah memiliki banyak program2 pembangunan. diantaranya program dana 50 juta untuk seluruh padukuhan di Kabupaten Bantul. Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, masalah lingkungan, pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga pembangunan fisik. 

“Oleh karenanya, pemerintah juga membutuhkan peran serta masyarakat dalam menyukseskan program pembangunan tersebut,”

Salah satu bagian paling menarik dari acara ini adalah arak-arakan gunungan, sebuah simbol hasil bumi yang berbentuk kerucut, dihiasi dengan berbagai macam sayur, buah, dan hasil panen lainnya. Gunungan ini kemudian diarak keliling dusun dan menjadi lambang kesejahteraan dan keberkahan yang diharapkan terus menaungi masyarakat Glodogan. Setelah prosesi kirab, gunungan ini diperebutkan oleh warga sebagai bentuk tradisi “ngalap berkah”. (Ans)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :