Pemkab Bantul Raih Anugerah Anindhita Wistara Data Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten Bantul meraih anugerah  Anindhita Wistara Data Tahun 2024 Kategori Pemerintah Kabupaten dari Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Kamis (26/9). Anugerah tersebut sebagai wujud apresiasi BPS atas komitmen dan capaian Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024.  

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, S.KM., M.Kes menerima anugerah Anindhita Wistara Data Tahun 2024 dalam rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2024. Penganugerahan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, didampingi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara dan Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti.

Dalam sambutan pembukaannya, Amalia Adininggar Widyasanti, Plt Kepala BPS, menyampaikan bahwa pembangunan statistik nasional merupakan tanggung jawab bersama yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

“Kolaborasi semua aktor dalam Sistem Statistik Nasional (SSN) menjadi penting untuk membangun kapasitas penyelenggaraan, sumber data, pemanfaatan dan literasi statistik,” tandas Amalia Adininggar Widyasanti.

Deputi Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Erwan Agus Purwanto menyampaikan bahwa dalam pengukuran Indeks Reformasi Birokrasi (RB) General, hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral yakni Indeks Pembangunan Statistik (IPS) merupakan salah satu indikator komposit RB General yang penting karena mencerminkan seberapa baik instansi pemerintah dalam mengelola dan menyelenggarakan statistik sektoral yang akurat dan relevan untuk mendukung pembangunan.

Perolehan prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak dan tentunya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Bantul.
 

Berbagi:

Pos Terbaru :