Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024, Ini Hasil yang Diterima Pemkab Bantul

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menlaksanakan acara penyampaian hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024, yang berlangsung di Ruang Kerja Bupati pada Rabu (23/10/2024) siang. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, bersama dengan perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantul dan berbagai dinas terkait.

Pencapaian luar biasa Kabupaten Bantul dalam EPSS 2024 dibuktikan dengan diterimanya anugerah Anindhita Wistara Data Tahun 2024 Kategori Pemerintah Kabupaten dari BPS pada 26 September 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan capaian dalam penyelenggaraan statistik sektoral.

Kepala Dinas Kominfo Bantul, Bobot Ariffi’ Aidin, menyampaikan hasil EPSS yang menunjukkan perbaikan nilai dari tahun sebelumnya. Kabupaten Bantul mengajukan dua kegiatan yang dinilai, yakni Kompilasi Produk Administrasi Penyusunan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Tahun 2023 oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Survei Kualitas Layanan Informasi Publik Tahun 2023 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Nilai Indeks Pembangunan Statistik Kabupaten Bantul untuk tahun 2024 mencapai 3,01 dengan kategori baik, meningkat dari tahun 2023 dengan nilai 2,49. Meskipun mengalami fluktuasi dalam penilaian, pencapaian ini menempatkan Kabupaten Bantul di peringkat ketiga untuk kategori kabupaten, setelah Tangerang dan Sumedang,” jelasnya.

Selanjutnya, Penjabat Sementara Bupati Bantul, Adi Bayu Kristanto, mengapresiasi atas diterimanya anugerah Anindhita Wistara Data Tahun 2024.

“Saya turut bahagia, karena Kabupaten Bantul masuk tiga kabupaten terbaik se-Indonesia, setelah Kabupaten Tangerang dan Sumedang. Ke depan harus dipertahankan dan lebih baik. Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu tercapainya prestasi untuk Kabupaten Bantul ini,” ujarnya. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :