Work Shop Pembuatan Puisi, Bersama Sastrawan Bertaraf International

Untuk memberikan gambaran tentang tehnik penulisan puisi bagi guru SMA/SMK, SMP, SD, TK, PAUD, PKK dan Darma Wanita, Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Bantul (FMPP) selenggarakan Work Shop sehari Penulisan Puisi, Minggu (28/3) di Aula Rumah Dinas Bupati Bantul.

Work Shop yang dihadiri 200 peserta tersebut dalam rangka menyambut Hari Kartini mengambil tema Peran wanita dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Dalam acara tersebut disamping tehnik membuat puisi, setelah selesai acara setiap peserta diharuskan membuat puisi dan dikumpulkan untuk diambil juara I III dan harapan I III untuk mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Dari 200 puisi hasil karya peserta 50 puisi yang masuk nominasi akan dibukukan untuk dipersembahkan kepada Hj. Ida Idham Samawi.

Dalam acara tersebut menghadirkan nara sumber Iman Budhi Santosa yang memberi gambaran bahwa tehnik atau metode pembuatan puisi yang selama ini banyak diajarkan belum tentu cocok tiap orang. Tiap orang harus mencari jalan sendiri untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Menurut Iman dalam ajaran Ki Hajar Dewantoro ada filsafat belajar N-3 (Niteni, Nirokake, Nambahi), filsafat tersebut bisa dijadikan acuan atau metode belajar membuat puisi. (mw)

Berbagi:

Pos Terbaru :