GELAR WISATA BUDAYA DAN INDUSTRI DESA SABDODADI TAHUN 2010

Desa Sabdodadi, Manding, Bantul akan menyelenggarakan gelar wisata budaya dan industri tahun 2010, dari tanggal 10-11 April 2010. Event ini dimaksudkan untuk mendukung citra Sabdodadi sebagai Desa Wisata. Selain itu, juga untuk mempromosikan keberadaan Desa Sabdodadi terutama kawasan dusun Manding dan Neco sebagai tujuan wisata Kabupaten Bantul serta Propinsi DIY.

Harapan masyarakat desa Sabdodadi dengan terselenggaranya event budaya dan industri ini, nantinya mampu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui berbagai usaha mandiri seperti kerajinan kulit dan aneka makanan tradisional. Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, akan diawali dengan berbagai pentas seni seperti Thek-Thek Neco, Gejog Lesung Neco, Selawatan dari Keyongan Lor dan Dukuh, Karawitan Neco Kidul, Cokhek-an Manding,Gambyong dan lain2 bertempat di Desa Sabdodadi, Bantul.

Berbagai rangkaian kegiatan yang bersifat seremonial juga akan dilaksanakan bersamaan pada tanggal 10 April, yaitu : persemian PAUD di Bangeran oleh Ibu Ida Idham Samawi, Peresmian Lumut Handicraf dan kawasan Home Industri Neco oleh GKR Hemas, peresmian PAUD Dawang oleh Ibu Tari Dawang, Peresmian Home Stay bagi wisatawan yang berminat memahami atau mengetahui kehidupan keseharian masyarakat desa Sabdodadi dan peninjauan Pos UKK dan Perpustakaan oleh GKR Hemas dan Ibu Ida Idham Samawi.

Berbagai pentas seni dan bazar akan diselenggarakan demi menunjang seluruh rangkaian kegiatan gelar wisata budaya. Pada malam pertama, akan digelar pentas seni dan bazar yang diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Kabupaten Bantul. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Sentra Industri Kulit Manding, Neco dan sekitarnya. Dan pada acara penutupan ditampilkan pula Pentas Wayang di panggung Taman Parkir Sentra Industri Manding. Demikian press release ketua panitia Gelar Wisata Budaya dan Industri Desa Sabdodadi Tahun 2010, Sumaji. (Nura)

Berbagi:

Pos Terbaru :