DPRD Kota Tual Kepulauan Propinsi Maluku Berguru Ke Bantul Di Bidang Pendidikan Dan Kesehatan

Assisten Administrasi Umum Bejo Utomo,SH menyampaikan sambutan Bupati Bantul yang menerima baik kunjungan kerja segenap anggota dewan dari DPRD Kota Tual Propinsi Maluku pada hari Rabu (05/05).

Maksud kunjungan mereka ke Bantul yang disampaikan oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Tual, Abas A Hanubun, SSos adalah untuk mendapat ilmu dan pengetahuan mengenai bidang pendidikan dan kesehatan. Katanya; Kota Tual yang baru berdiri sejak 2 tahun lalu dari proses pemakaran Maluku Tenggara memiliki peraturan pemerintah yang belum sempurna. Jadi kami berkunjung ke Kab Bantul mempunyai maksud untuk mendapat pengetahuan yang sangat berguna untuk kemajuan Kota Tual, khususnya mengenai pendidikan dan kesehatan.

Menanggapi apa yang disampaikan Ketua DPRD Kota Tual tersebut, Drs.Bejo Utomo menjelaskan bahwa; untuk kedua bidang tersebut yaitu pendidikan dan kesehatan memang terus dikembangkan inovasi dan kebijakan baru yang tentu saja dapat lebih meningkatkan kualitas keduanya. Dengan memperbaiki kualitas di bidang pendidikan dan kesehatan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa depan. Segala kebijakan itu berdasar pada putusan Perda.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah Kab Bantul membuat beberapa kebijakan baru, antara lain meningkatkan pendidikan para pengajar/guru (untuk melanjutkan sekolah S1/S2/S3) yang dibantu oleh pemerintah Bantul; dibentuk 2(dua) dinas yang menangani pendidikan (yaitu Dinas Pendidikan Dasar dan Dinas Pendidikan Menengah & Non Formal) yang bertujuan supaya lebih fokus di bidangnya; serta membentuk Dewan Sekolah di setiap sekolah sebagai pendukung proses belajar mengajar sekolah.

Untuk bidang kesehatan juga dilakukan beberapa inovasi baru yang bisa meningkatkan mutu kesehatan, antara lain mencanangkan program DB4MK+ (Desa Bebas 4 Masalah Kesehatan; yaitu kematian ibu melahirkan, kematian bayi lahir, gizi buruk, demam berdarah, TBC), Jamkesmas, Jamkesos, Jamkesda, serta Program Gerakan Balita Sejahtera.

Dengan selalu melakukan inovasi-inovasi baru terbukti dalam waktu 6 tahun kondisi pendidikan dan kesehatan di Kab Bantul selalu membaik. Bahkan dalam 6 tahun terakhir Bantul bisa mencetak beberapa prestasi tingkat propinsi maupun nasional di kedua bidang tersebut. Suksesnya program peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan di Bantul merupakan hasil kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. (dewi humas)

Berbagi:

Pos Terbaru :