Hasil Pendataan Gakin di Bantul Akan Jadi Data Base Tingkat Kabupaten.

Penyusunan dan pengumpulan Data Statistik Daerah khususnya terkait dengan keluarga miskin (Gakin) sangat penting manfaatnya bagi pemerintah sebagai dasar dalam menyusun program pembangunan yang sesuai dengan program penanggulangan kemiskinan.

Di Kabupaten Bantul penyusunan dan pengumpulan data statistik daerah tingkat kabupaten dilakukan setiap tahun oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) yang terdiri dari intansi terkait diketuai oleh Sekretaris Daerah. Monitoring pelaksanaan Uji Publik Hasil Pendataan Gakin untuk tahun 2010 ini dilakukan dari bulan Juli s.d Agustus.

Monitoring pelaksanaan Uji Publik Hasil Pendataan Gakin ini sebagai bagian dari proses penyusunan dan pengumpulan data pada Data Statistik Daerah khusus gakin yang nantinya akan disesuaikan dengan data pada BPS di daerah hingga pusat. kata Dra. Erni Kumorowati Kasubid. PPPI KK pada BKK, PP, KB Kabupaten Bantul saat melakukan monitoring bersama tim TKPK Kabupaten Bantul di dusun Sono desa Parangtritis Kretek, Senin (9/8).

Dari hasil uji publik ini, kata Erni lagi, nantinya akan dibuat SK Bupati, makanya pendataan harus dilakukan dengan valid. Untuk mendapatkan data yang valid, sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada warga, agar mereka memahami dan dapat memberikan keterangan dengan benar kepada petugas pendataan.

Dari pendataan ditingkat dusun ini setelah diolah ditingkat kecamatan, selanjutnya akan dilakukan ferifikasi oleh Tim Kabupaten yang kemudian akan menjadi data base kabupaten. Data base ini menerangkan potensi warga yang didata meliputi tingkat pendidikan, ketrampilan, keikutsetaan dalam program KB, jumlah anak tak sekolah, indikator yang menjadikan Gakin dan sebagainya.

Erni menambahkan bahwa jika data sudah jadi maka akan dilaporkan kepada ketua TKPK untuk dibuat SK Bupati. Selanjutnya akan disosialisasikan ke semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bantul sebagai dasar dalam menyusun program kegiatan terkait dengan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bantul. (Sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :