Penyerahan Dana Stimulan Bagi Peserta Lomba Green and Clean Tingkat Propinsi DIY

Telah diserahkan dana stimulan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul kepada 12 kelompok peserta lomba Green and Clean (GC). Penyerahan dana tersebut diberikan di kantor BLH pada hari Rabu (06/10), oleh Kepala BLH Susanto, SH,MM. Tujuan diberikannya dana stimulan tersebut adalah agar masyarakat lebih semangat lagi dalam melakukan program-program peningkatan kondisi kebersihan dan penghijauan lingkungan. Menurut Susanto,dimulai dari perlombaan GC ini, diharapkan bisa menggugah masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan. Semoga kegiatan GC ini bisa menjadi budaya masyarakat Bantul untuk selalu peka terhadap keadaan lingkungan.

Setiap kecamatan di kabupaten Bantul sudah mempunyai kelompok-kelompok GC, jumlah totalnya ada 90 kelompok. Masing-masing kecamatan memiliki 1(satu) kelompok atau lebih. Dengan adanya beberapa kelompok GC tersebut, maka BLH bekerjasama dengan Sanggar Padmaya melakukan penjaringan terhadap 90 kelompok GC. 12 kelompok GC selanjutnya akan maju lomba di tingkat Propinsi. Untuk itu, Pemda Bantul melalui BLH memberi dana stimulan sebesar Rp.500.000,- bagi tiap kelompok guna persiapan acara Big Bang Green-Clean, yaitu penjaringan dari 12 kelompok untuk diambil Juara I,II dan III yang akan maju mewakili kabupaten Bantul di Propinsi DIY.

Kriteria Penilaian terhadap lingkungan yang akan ikut perlombaan GC adalah kondisi kebersihan dan kesehatan lingkungan serta inovasi pengolahan sampah. Oleh karena itu, tidak hanya kelompok yang ikut lomba saja, tetapi bagi setiap warga untuk selalu memperhatikan kebersihan, penghijauan dan kesehatan lingkungan serta bisa mengelola pemanfaatan dan pengolahan sampah.

12 kelompok GC yang terjaring ke semi final adalah :

Kelompok Kepadatan Tinggi :

1. Metes II, Argorejo, Sedayu

2. Badegan, Bantul, Bantul

3. Sabrang, Sumbermulyo, Bambanglipuro

4. Salakan, Potorono, Banguntapan

5. Soragan, Ngestiharji, Kasihan

6. Singosaren I, Singosaren, Banguntapan

Kelompok Kepadatan Rendah :

1. Terong I, Terong, Dlingo

2. Serut, Palbapang, Bantul

3. Sribitan IX, Bangunjiwo, Kasihan

4. Klepu, Temuwuh, Dlingo

5. Ngijo RT 3 RW 5, Srimulyo, Piyungan

6. Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro (dewi)

Berbagi:

Pos Terbaru :