Big Bang DIY Green and Clean Di Kabupaten Bantul

Penentuan desa yang menjadi juara program Green and Clean (GC) tingkat kabupaten Bantul telah diselenggarakan di Gedung Gapensi Bantul pada hari Rabu (27/10). Acara Big Bang Green and Clean yang diawali dengan lomba kesenian dari 12 kelompok peserta. Program GC yang merupakan kerjasama antara Pemkab Bantul dengan Sanggar Padmaya dan Unilever mempunyai tujuan menggugah masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan lingkungan serta membentuk budaya masyarakat Bantul untuk selalu peka terhadap keadaan lingkungan. Acara tersebut juga didukung oleh Kedaulatan Rakyat, RBTV dan Radio Sonora.

Menurut Assisten Pemerintahan Drs.Misbakhul Munir, lingkungan hidup wajib dilestarikan dan dikembangkan yang berguna untuk kelangsungan hidup. Program GC harus dilaksanakan secara terus berkelanjutan, dan bisa menjadi budaya yang selalu dilakukan oleh masyarakat. Dengan adanya program GC ini diharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan yang sehat serta bisa memperkokoh kebersamaan.

Adapun kelompok yang menjadi desa terbaik dalam pelaksanaa program GC ini untuk Kategori Kelompok Kepadatan Tinggi Juara I adalah Dusun Badegan,Bantul. Dan di posisi Runner up I Dusun Metes-Sedayu, Runner Up II Dusun Singosaren I-Banguntapan, Runner up III Dusun Sabrang-Bambanglipuro, Runner up IV Dusun Salakan-Banguntapan, dan Runner up V Dusun Soragan-Kasihan. Sedangkan kelompok yang terbaik Kategori Kelompok Kepadatan Rendah adalah Dusun Terong I-Dlingo. Yang menduduki posisi Runner I dusun Sribitan IX-Kasihan. Runner up II dusun Serut Palbapang-Bantul, Runner up III dusun Klepu Temuwuh-Dlingo, Runner up IV dusun Plumbungan-Bambanglipuro, Runner up V dusun Ngijo-Piyungan. Selanjutnya, yang menjadi Juara I akan maju dalam perlombaan GC tingkat Propinsi.

Dengan antusias masyarakat Bantul dalam GC ini, telah menunjukkan bahwa GC sudah bisa dilaksanakan dan dikembangkan di Bantul. Untuk itu, selalu dihimbau bagi masyarakat Bantul selalu ikut berpartisipasi dan mensukseskan program GC, agar bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan asri. GC bisa dimulai dari 5 hal pokok, yaitu penghijauan, pengolahan sampah, hemat air, sanitasi dan kesehatan. (dewi)

Berbagi:

Pos Terbaru :