Pengungsi Merapi Ditampung di JEC

Para korban pengungsi letusan Gunung Merapi, Jumat malam (5/11) ditampung di Jogja Expo Center (JEC). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya stadion Maguwoharjo yang belum siap menampung para pengungsi. Sampai tadi malam jumlah pengungsi yang masuk JEC sebanyak 100-an warga dan akan tetap bertambah.

Sekda Bantul, Drs Gendut Sudarto, Kd BSc MMA menyatakan bahwa Gedung JEC akan mampu menampung lebih banyak pengungsi. Saat ini masih banyak pengungsi yang ikut mengungsi di tempat warga masyarakat. Diharapkan mereka mau tinggal bersama-sama di JEC. Kami ikut prihatin dengan bencana Merapi sehingga membantu saudara-saudara kita yang jadi korban, mengingat warga Kabupaten Bantul juga pernah menjadi korban bencana, ujarnya.

Gendut menambakan bahwa Pemkab Bantul sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pengungsi dari mulai makanan, MCK, tenaga kesehatan kesehatan, PMI di Pos pengungsian JEC. Untuk itu sudah ada koordinasi dengan berbagai Dinas/Instansi di Pemkab Bantul. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu para pengungsi, namun yang perlu diperhatikan bantuan berujud susu bayi, pembalut, pampers sangat dibutuhkan, mengingat bantuan makanan sudah tercukupi katanya.

Sementara itu mulai Hari Senin mendatang, Kabupaten Bantul juga akan mengadakan GERBU ( Gerakan Seribu) yaitu pengumpulan bantuan uang seribu rupiah. Bantuan ini akan dikumpulkan dari para siswa sekolah baik SD, SMP, SMA,SMK, Para pedagang pasar, serta Dinas/Instansi, kata Gendut. Hasilnya akan diberikan kepada para korban bencana baik yang ada di Merapi, Mentawai, dan Wasior. (nurcholis)

Berbagi:

Pos Terbaru :