Pelatihan Kader BKB Untuk Tingkatkan Pendidikan PAUD di Bantul

Salah satu prioritas program pembangunan pada bidang pendiidikan khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul. Pelaksanaan program ini dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penanggungjawab Operasional Kegiatan BKB-Posyandu-PAUD Kabupaten Bantul Hj. Sumarno. PRS saat menyampaikan sambutannya pada pelatihan Kader Bina Keluarga Balita (BKB) se Kabupaten Bantul berlangsung di Aula Bantul Teracce, Selasa (21/12).

"Pendidikan PAUD ini sangat penting karena mendidik anak memerlukan perhatian dari semua pihak baik kader, orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah serbagai fasilitator demi mempersiapkan generasi bangsa yang cerdas, berbudaya, berkepribadian serta berakhlak mulia." terang Hj Sumarno.

Sementara menurut laporan panitia yang disampaikan oleh Drs. Lukas Sumanasa M Kes. bahwa pelatihan BKB dilakukan setiap tahun, dan pada tahun 2010 ini diikuti oleh 100 kader dari 75 desa se Kabupaten Bantul. "Guna meningkatkan kualitas dan potensi kader kelompok BKB di Kabupaten Bantul dipandang perlu untuk senantiasa mengadakan pembinaan dan penyegaran materi kegiatan." kata Lukas.

Pembinaan BKB di Kabupaten Bantul ini, tambah Lukas, telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada beberapa tahun terakhir ini, kader BKB Bantul dipercaya untuk mewakili Propinmsi DIY dalam lomba kader tingkat nasional. Di tahun 2007 diwakili oleh Kristina dari kelompok BKB Mekarsari, Badegan Bantul, tahun 2008 diwakili Lily Wakhidah kader Kelompok BKB Anggrek dari Sungapan, Sriharjo Imogiri dan tahun 2009 diwakili kader Kelompok BKB Mawar Plawonan Argomulyo Sedayu.

Target kinerja tahun 2010, diharapkan setiap desa minimal memiliki 4 kelompok BKB yang kegiatannya terintegrasikan dengan Posyandu dan Pos PAUD.

Sebagai nara sumber dalam pelatihan tersebut diantaranya dari Pokja II TP PKK Kabupaten Bantul Sri Rahayu, S Pd., kader tingkat nasional Lily Wakhidah, S Ag., dan tim PJOK BKB-Posyandu-PAUD yang lain. Pelatihan berlangsug selama tiga hari (21 s.d 23/12). Setelah mengikuti pelatihan para kader diharapkan dapat membnerikan ilmunya kepada kader lainnya serta untuk diterapkan dalam kelompoknya. (Sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :